Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Kontak Android Tidak Hilang

Zaman sekarang, teknologi semakin canggih saja. Dahulu orang mau nyimpen nomor-nomor hp atau kontak itu hanya disediakan penyimpanan berkisar 150 kontak untuk SIM Card dan 200 kontak untuk memory telpon. Ya maklum lah waktu itu kan belum banyak orang yang memiliki hp. Sekarang, karena pengguna seluler sudah semakin menjamur, tentu peyimpanan yang di sediakan sudah tidak cukup lagi. Kalau hp atau kartu SIM hilang atau terblokir pasti kontaknya pun juga bakal hilang.

Kontak Android
Android; dial - ilustrasi
Sebenarnya sudah banyak yang ngasih tutorial ini kalu di search di google. Tapi beda yang nulis beda pula hasil pemahamannya.  Dan cara-cara ini bukan hal asing dan pasti agan-agan sudah berpapasan tiap hari. Cuman gak nyapa aja, cuek sih.

Ada beberapa cara yang bisa agan lakukan agar tidak kehilangan kontak lagi. Tapi tips ini di buat khusus pengguna android saja. Kalau belum punya HP dengan Sistem Operasi Android silahkan duduk-duduk santai dulu, sambil minum kopi nunggu keajaiban barangkali ada smartphone yang jatuh dari langit. Wkwkwk..

Ok tanpa bibibu lagi langsung saja simak satu persatu toturialnya.

Gunakan Google Kontak.

Ini merupakan cara yang paling simpel dan mudah buat para pengguna android yang masih awam. Jika kamu menggunalan HP berOS Android, pasti kamu bakal diminta membuat akun cadangan.

Nah apa fungsinya? Nah, itu dia kalau agan tidak memberi akun cadangan maka agan tidak akan bisa menggunakan applikasi-applikasi yang terhubung dengan google seperti : Play Store, Youtube, Maps, dan Gmail.

Begitu pula jika kamu ingin menggunakan google kontak, maka kamu harus menambahkan akun google di Android kamu

Caranya:
1. masuk Menu Pengaturan;

2. pilih akun dan singkronisasi, mungkin tiap tipe smartphone bahasa dan menunya berbeda. Tapi tidak akan beda jauh dengan itu. Siahkan dikira-kira sendiri.

3. pilih tambah akun, jika agan sudah mempunya aku google atau pernah membuat Email di Gmail silahkan sign in saja.

4. pastikan pada kolom kontak tercontreng agar dapat tersingkron dengan applikasi kontak bawaan smartphone kamu.

Nah, setalah menambahkan akun google ke android kamu. Jika kamu belum punya kontak dan bermaksud menulisnya dari awal lagi. Maka caranya:

1. Silahkan masuk pada applikasi pendial. Tulis nomor yang ingin kamu simpan.

2. Pilih tambah kontak, jika terdapat pilihan buat kontak baru dan tambahkan ke kontak, pilih buat baru.

3. Kamu akan di hadapkan dengan pilihan penyimpanan. Ada telepon, SIM Card, dan Google. Pilih saja Google.

4. Masukkan nama dan lakukan pengisian identitas lain seperti email, foto dan lain-lain jika dibutuhkan.

5. Kemudian pilih SIMPAN.

6. Lakukan langkah seperti ini pada pembuatan kontak berikutnya dan seterusnya.

Catatan: Email dan Sandi akun google agan tidak boleh lupa. Jika lupa pastikan akun itu memiliki akses untuk recovery. 

Aktifkan singkronisasi otomatis pada Android kamu. Agar tiap menambahkan kontak terback up dengan sendirinya.
(maaf, tutorial ini belum disertai gambar karena blog ini baru dipindah hosting)

Lalu, bagaimana cara merestore atau mengembalikan lagi kontak itu jika hp sobat di riset, di flash atau mungkin hilang?

Mudah kok. Jika kamu beli HP baru (ciye hp baru, jangan lupa selametan ya). Atau hp kamu baru di flash atau di riset. Kamu tinggal tambahkan lagi akun kamu yang dulu atau sebelumnya ditambahkan ke Android sebelumnya. Saya sarankan kamu memiliki akun Google satu saja yang resmi dan sering digunakan biar tidak bingung. Nah otomatis kontak kamu bakal kembali dengan sendirinya.

Belum muncul? silahkan aktifkan singkronisasi atau lakukan secara manual di pengaturan akun. Kamu bisa cek kontak kamu di browser atau di komputer untuk memastikan kontak kamu terback up atau tidak. Silahkan masuk di http://contact.google.com sigin dengan akun kamu tadi.

Hal ini juga penting buat kamu yang sering kehilangan kontak WhatsApp kamu. Gara-gara hanti nomor, ganti akun WA lah atau gimana. Dengan memperbaharui kontak WA. Maka semua kontak WA kamu akan tersingkron lagi. Caranya,

1. Buka WhatsApp.

2. Pilih ikon chat di ppjokpojok kanan bawah, lalu pilih menu opsi pada pojok kanan atas.

4. Pilih perbaharui kontak.

Export ke External SD

Kamu bisa menympan back upan kontak kamu ke Memory eksternal. Dengan cara sebagai berikut.

1. Masuk ke Applikasi Kontak.

2. Pilih tombol opsi. Biasanya letaknya di pinggir kiri bawah hp kamu.

3. Pilih Import/Eksport.

4. Pilih Ekspor ke kartu SD.

5. Konfirmasi eksport. Ini akan membentuk file 00001.vcf di SD card kamu.

6. Pilih Oke. Proses eksport sedang berlangsung dan tunggu hingga selesai.

7. Untuk merestore caranya mudah. Tinggal pilih Impor/Eksport seperti di atas kemudian pilih Import dari kartu SD.

8. Pilih penyimpanan tujuan. Jika ingin meyimpan semua kontak itu ke google pilih google. Hal ini jika kamu ingin memindahkan semua kontak kamu ke Google Kontak.

Catatan: Kelemahan cara ini, Pencadangan harus dilakukan secara manual. Jika lupa mencadangakan atau hp tercuri atau hilang maka jangan pernah berharap kontak itu akan kembali. Akan tetapi jika hanya ingin melakukan riset dan flash maka cara ini dapat di lakukan.

Gunakan Applikasi Back Up: SMS & Contact

Cara ini cukup terbilang cukup mudah juga. Karena hanya bermodal download applikasi Back up : SMS & Contact. Buka applikasi Back up: sms & contacy dan ikuti petunjuknya. Silahkan download Applikasinya melalui Playstore.

Menggunakan Applikasi Titanium Back Up

Syarat utama dalam menggunakan applikasi ini adalah Hp kamu harus sudah Rooted.

Belum tau apa itu root? Bagaimana cara root hp android? Cari tau dah di google tentang Tutorial Rooting Android.

Titanium Back Up ini dapat digunakan untuk memback up data dan applikasi pada smartphone kamu. Seperti BBM, WA, Line, dan lain-lain termasuk kontak kamu. Silahkan download Titanium back up dari play store. Ada yang gratis dan ada yang versi pro. Silahkan pilih sesuai selera kamu. Buka applikasi Titanium Back Up, pilih applikasi yang bakal di cadangkan datanya. Kembudian pilih Back Up.

Kamu sudah aman meriset HP kamu. Untuk merestore install dan buka lagi applikasi Titanium back up pilih applikasi yang akan di restore pilih App+Data. Selamat, applikasi dan data kamu sudah di restore.

Menggunakan TRWP dan CWM

TRWP fungsinya tidak jauh berbeda dengan CWM yang secara default sudah teristall di hp kamu. Bedanya CWM tidak bisa menggunakan layar sentuh untuk menjalankannya. Jadi CWM hanya menggunakan tombol volume, home dan power untuk memilih menu-menunya. Sedangkan TRWP support terhadap touch screen.

Meskipun HP kamu sudah terinstall cwm, tapi cwm bawaan hp kamu mungkin fiturnya belum banyak dan kamu perlu menginstall cwm dari developers. Bagaimana cara nginstallnya? Cari di Google nggih tentang Tutorial install CWM dan TRWP

Bagaimana cara memcadangkan data termasuk kontak melalui TRWP?

1. Nonaktifkan HP kamu. Pastikan benar-benar mati.

2. Silahkan tekan tombol volume up + volume down + home + power secara bersama-sama. Ini mungkin berbeda disetiap ponsel. Ada yang hanya menggunakan tombol kombinasi volume up+home+power. Ada pula yang menggunakan home+power saja. Silahkan dicoba satu-satu yang work di HP kamu.

4. Setelah masuk pada mode recovery, Pilih Back Up.

5. Tentukan apa yang kan kamu back up. Data dan/atau applikasi.

6. Tunggu proses back up hingga selesai. Dan selamat data kamu sudah terback up.

7. Untuk merestore langkahnya sama hanya dengan memilih restore.

Nah. Udah gitu aja tips dari saya. Semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar dibawah jika ada yang tidak di pahami. Terimakasih.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

2 komentar untuk "Tips Agar Kontak Android Tidak Hilang"