Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Page Layout Potrait dan Lanscape dalam satu file Microsoft Word

Dalam suatu lembar kerja Microsoft Word, Pengaturan Page Layout mengubah pada semua halaman. Artinya jika kita menggunakan settingan orientation potrait misalnya, maka otomatis semua halaman akan terset orientasi potrait. Lalu bagaimana jika kita ingin mengubah Page Layout tiap halaman itu menjadi berbeda. Misalkan halaman 1 orientation potrait, halaman 2 orientation lanscape; halaman 3 size-nya Legal dan halaman 4 size-nya A4.

Nah, untuk itu saya akan kasi langkah-langkahnya secara rinci sebagai berikut.
1. Buka Ms Word atau file yang akan kamu edit.
2. Letakkan kursor di akhir halaman yang akan kamu bedakan orientasinya. Misalkan kamu ingin membuat halaman 1,2,3, potrait dan halaman 4 menjadi lanscape. Maka letakkan kursor pada akhir halaman nomor 3.
Microsoft Word
Letakkan kursor di akhir karakter
3. Pilih menu Page Layout pada menu bar di Microsoft Word.Pada group Page Setup pilih Breaks. Pada saat kita klik breaks maka akan muncul jendela breaks, pilih Next Page pada section breaks.

Microsoft Word
Pilih Next Page
4. Maka otomatis kursor berpindah pada halaman berikutnya. Klik menu orientation pada group Page Setup kemudian pilih Lanscape.
Microsoft Word
Pilih Landscape
5. Lihat hasilnya. Semoga berhasil.

Microsoft Word
Hasil
Jika kamu ingin membuat halaman selanjutnya menjadi potrait lagi, maka kamu tinggal ulangi langkah 2 & 3 dan setelah itu memilih Potrait pada Orientation.

Hal di atas juga dapat kamu gunakan ketika hendak mengatur penomoran halaman pada makalah. Pada makalah, biasanya halaman sampul tidak bernomor, halaman kata pengantar, daftar isi dan abstrak Page numbernya terdiri dari angka Romawi kecil, sedangkan BAB I dan seterusnya berisi angka biasa. Nah kamu cukup melakukan langkah sebagaimana di atas cukup setelah klik Next Page mengatur Page Numbernya.

Nah sekian dari saya, kalau ada yang tidak di mengerti silahkan tinggalkan komentar. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat.

Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Membuat Page Layout Potrait dan Lanscape dalam satu file Microsoft Word"