Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat ESR Meter menggunakan IC 4558 untuk cek kerusakan elco dan milar

Bermula saya membuat ESR meter sendiri menggunakan IC 4558, ketika saya hendak belajar memperbaiki televisi. Di mana pada televisi, elco yang kapasitasnya menurun dapat berpengaruh terhadap televisi.

En den, saya pun cari skema di google dan berbagai group komunitas para teknisi, dari sekian banyak skema, hanya satu skema ini yang saya praktekkan dan berhasil.

Akhirnya setelah ada sedikit uang buat beli komponen, o iya semua total komponen saya beli hanya menghabiskan dana sekecil 5rb rupiah. Hal itu karena PCB dan IC 4558 sudah saya punya hasil kanibal dari Galaxy Amplifier. Selain itu, saya juga memiliki avometer yang sudah rusak, jadi tidak perlu membeli vu meter. Jika Anda tidak punya avometer bekas, Anda bisa membeli VU meter harga sekitar 5rb rupiah saja.


Berlanjut pada praktek rangkaian. Semula saya ragu dengan rangkaian ini. Tapi setelah saya rangkai dengan baik hasilnya memuaskan. Saya bisa mengetahui mana elco yang sudah lemah dan masih bagus.

Untuk skemanya silahkan Anda bisa lihat gambar berikut. Pada gambar berikut sudah saya lengkapi dengan layoutnya, jika Anda menggunakan PCB polos, jika menggunakan PCB bolong/berlubang maka tidak perlu layout, cukup ditiru saja letak komponen-komponennya.

Skema dan Layout ESR Meter
Untuk lebih jelasnya Anda bisa download skema dan layout beserta daftar komponen yang diperlukan.

Bagaimana cara menggunakan ESR ini? Perlu diketahui bahwa ESR ini bukan untuk mengukur kapasitas elco, melainkan mengukur resiatansi elco. Semakin besar resistansi elco, maka elco sudah semakin melemah.


Cara mengukur, cukup dengan menghubungkan kedua proble ESR dengan kedua kaki elco (tidak ada terbaliknya). Ketika angka VU meter menuju pas pada angka 0, maka kondisi elco masih bagus, tapi jika menunjukan lebih besar sari 0, semakin besar jarum menunjukkan angka, maka elco kondisinya semakin buruk.

Perhatian! menunjukkan angka 0 pada jarum ESR ini belum dipastikan elco bagus, namun bisa jadi udah short. Alat belum saya kasih indikator short. Insyaallah nanti skema menyusul. Solusinya, lakukan pengecekan juga melalui Ohmmeter.

Sebelum menggunakan, pastikan kalibrasi dahulu dan set ajust dengan cara menghubungkan kedua proble dan putar potensio hingga menunjukkan angka 0 pada jarum VU Meter.

Dalam percobaan penggunaan, gunakan elco yang masih bagus/baru dan elco yang sudah rusak secara fisik sebagai perbandingan nilai angka resistansi elco.

Baiklah, demikian yang bisa saya berikan untuk hari ini, silahkan subcribe untuk mendapatkan update terbaru. Jika terjadi masalah dan tidak mengerti silahkan tinggalkan komentar. Dan terakhir jangan lupa berbagi.

Update artikel!
Skema di atas hanya untuk cek kerusakan pada elco. Berikut saya berikan skema ESR untuk cek kerusakan pada Capasitor Milar.
Skema ESR cek Milar
Skema ESR cek Milar
Terima kasih. Silakan komentar jika ada kendala dan permasalahan.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

36 komentar untuk "Membuat ESR Meter menggunakan IC 4558 untuk cek kerusakan elco dan milar"

  1. Saya mencoba merakit esr ssuai dengan skema ini tp tdak berhasil, kira2 ltak ksalahannya dimana ya mas....stelah dikasih tegangan vu meter langsung menyimpang pdhal probe blum dihubungkan, mhon bimbingannya trmkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek lagi jalur-jalurnya mas, periksa juga komponen komponennya, apakah sudah benar nilainya? Sebab saya sudah mencoba rangkaian ini work bisa dipakai cek elco.

      Hapus
  2. Saya membuat rangkaian ini dengan petunjuk skema di atas, yang saya tanyakan kenapa esr punya saya terlalu sensitif.. jadi tidak bisa membedakan komponen elco yang kering sama yang masih bagus. Menyimpangnya juga dominan sama. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali salah baca komponen gan, periksa resistor dan kapasitor yang terpasang, apakah komponennya sudah sesuai? Coba periksa dengan teliti. Skema ini sudah saya coba sendiri dan work 100%

      Hapus
  3. Bang,semua komponen resistor untuk buat ESR itu masing masing punya watt kah.biasanya klo lgi blanja yng jualin biasa nanyain wattnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas, bisa menggunakan Resistor yang 1/4 watt, 1/2, 1, 2, 3, 4 bahkan 5 bisa. Cuma ya kalau pakai watt besar mubazir, dan boros dana, serta boros tempat/pcb. Kalau saya menyesuaikan aja dg stock komponen yang ada, nyari di bekas kit gak dipake juga bisa.

      Hapus
    2. Kalau saya menggunakan 1/4 watt, itu hasil kanibal dari kit gak dibake, kalau beli di toko di sini kebanyakan yang 1/2 watt.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. ESR ini bisa buat ukur onboardkah?
    Jadi tanpa lepas part terlebih dahulu dari mesinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa gan, karena analog, esr ini hanya membaca resiatansi elco saja.

      Hapus
  5. Master, boleh minta ukuran layout nya?

    BalasHapus
  6. Saya sudah pakai layoutnya tetapi jarumnya bergerak sedikit gak bisa full saya pakai VU meter dc
    Mohon bimbingannya!

    BalasHapus
  7. Saya sudah coba skema diatas tpi jarum VU tidak bisa sampai 0, butuh bimbingannya gan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek baterai, cek komponen, dan cek jalur... pastikan sudah benar

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. yang ESR buat kapasitor milar tidak bisa bos rangkaianya...semua komponen di tes jarumnya mentok ke kanan..
    saya pakai transistor S9014..
    tolong di update lagi ke google sampean pakai transistor seri C atau S atau SC..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik mas, terima kasih sarannya. insyaallah nanti saya update

      Hapus
  11. skemanya mana bang?
    kl lihat PCB bingung

    BalasHapus

  12. Mas,di tunggu coretannya cara membuat indikator pada Esr utk elco yg short..terima kasih🙏🙏

    BalasHapus
  13. Brapa panjang lebar ukuran layout nya bang

    BalasHapus
  14. resistor 560 ohm diletakan dimana, gan

    BalasHapus