Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi teggangan b+ tv tabung drop/naik turun

Bahasan kali ini tentang bagaimana cara mengatasi teggangan b+ drop. Jika tegangan b+ melonjak bisa membaca bagian : Mengatasi teggangan b+ melonjak.Baca sampai selesai, semoga tulisan ini bermanfaat.

Cara mengatasi teggangan b+ tv tabung drop/naik turun
Cara mengatasi teggangan b+ tv tabung drop/naik turun
Penyebab tegangan B+ pada televisi drop (turun) atau melonjak ada bermacam-macam mulai mulai dari Resistor, Dioda, Transistor, optocupler hingga Play Back. Saya tidakbermaksud untuk menggurui, tetapi ini menurut pengalaman saya sendiri sebagai teknisi elektronik. Untuk para master, jika berkesempatan mampir ke laman ini bisa mengoreksi tulisan di kolom komentar.

Baiklah, kita mulai langkah-langkah cara mengatasi tegangan naik turun pada b+ tv tabung.
  1. Sebelum memastikan tegangan b+ yang bermasalah biasanya saya cek tv dalam kondisi standbay atau memang bermasalah pada bagian b+ nya, ada beberapa user yang tidak tau kalau tv ini hanya standbay di kiranya rusak, dan setelah saya pencet tombol Channel tv pun hidup normal.
  2. Periksa elco b+ . Jangan pernah melihat elco dari fisiknya saja memang biasanya elco yang rusak terlihat dari fisik yang udah kembung, tapi itu saja belum cukup menurut saya, biasa nya saya lepas elco dari pcb tv dan saya cek apakah masih bagus atau sudah kering, ini elco kering juga berpengaruh pada tegangan 115 volt. Silakan cek elco menggunakan ESR meter. Kamu bisa buat sendiri ESR dengan melihat postingan: cara membuat esr meter.
  3. Cek transisor Horizontal, bagian ini juga sangat berpengaruh pada tegangan 115 volt, jika di cek masih hidup berrti ada permasalahan di bagian lain, dan jika mati gantilah dengan yang baru.
  4. Penyebab lainya juga terdapat pada reistor variabel yang terhubung dengan optocupler sudah short atau sudah berubah nilai, ini bisa berakibat pada tegangan b+ yang tidak setabil.
  5. Kasus resitor 1k yang biasanya terdapat pada tv china, mesin cina, resistor ini terletak di bagian regulator, gara-gara resistor 1k. ini khusus untuk tv cina yah. resisyor 1 k bisa mengakibatkan tegangan b+ drop menjadi 50 volt yang umumnya tegangaan b+ adalah 115 volt.
Kesimpulannya begini:
Lepas beban dari kaki Flyback jika sudah melepas beban pada kaki playback, kamu akan mengetahui di mana posisi permasalanya, antara tegangan tinggi hingga AC-Matic. Jika di lepas kaki Flyback dan di ukur dengan multitester masih drop kemungkinan besar itu permasalahanya pada bagian strum AC.
Dan bila di lepas beban pada kaki Flyback, tegangan normal biasanya kemungkinan besar pada bagian tegangan tinggi.

Trima kasih semoga bermanfaat. Silakan subcribe blog ini untuk mendapatlan update terbaru.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

5 komentar untuk "Mengatasi teggangan b+ tv tabung drop/naik turun"

  1. B+ nya drop semua masterr .bgian mna yg hrus di cek

    BalasHapus
  2. Tv lg slim, ketika di cut b+ normal, tp ketika di hubungkan kembali ke FBT maka tegangan naik turun,

    BalasHapus
  3. Jika tegangan power (5 volt) nya turun master bagaimana penyelesaiannya mohon pencerahannya

    BalasHapus
  4. Tv susah hidup harus berulang kali cara hidupin nya. Klopun bisa hidup kadang tv suka mati sendiri . Pas keadaan mati saya cek b+ ngedrop naik turun.. Mohon saranya saudara?

    BalasHapus