Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modifikasi Tone Control untuk Horn Speaker Toa agar lebih ke Middle

Artikel ini sudah saya sunting, ada beberapa hal penting, lihat diakhir postingan.

Seperti kita tahu, horn speaker digunakan khusus untuk vocal atau pada nada mid. Sehingga jika amplier yang digunakan oleh horn speaker harus berkarakter middle agar suara lebih lantang.


Nah kali ini, akan dijelaskan cara modifikasi tone control agar dapat digunakan untuk horn skeaker. Sebenarnya kita dapat dengan mudah mengganti potensio dengan trimpot dan menyetelnya dengan  nada bas rendah, sehingga nada bass yang dihasilkan menjadi paten dan tidak bisa diubah kecuali dengan membuka box amplifier.

Tone Control yang akan kita modifikasi sekarang adalah potensio yang memiliki control nada treble, bass, dan volume. Modovikasi dilakukan pada control nada bass yang akan diubah menjadi control nada middle. Cara sangat gampang yakni mengganti Resistor 8K2 dengan Capasitor milar/keramik 22n (223j/223K) bisa juga dengan Capasitor 15n (153j/153K). Seelah itu lepas 2 buah Capaitor yang menyambung pada kaki potensio, nilai keduanya biasanya sama antara 33n, 47n, atau 100n, tiap tone control beda-beda. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Skema Prametrik
Komponen yang perlu diganti
Skema Prametrik
Setelah penggantian komponen
Silahkan klik gambar untuk memperjelas dan zoon. Jika suara dirasa kurang joss ke middel, ganti juga 2 buah Resistor 9K2 atau 10K seperti gambar di atas dengan Resistor yang nilainya lebih kecil, yaitu bisa 1K, 2k2, atau 3k3.


Modifikasi ini akan menghilangkan kontrol bass, sehingga cocok digunakan untuk horn speaker toa. Misalkan yang mau diubah menjadi middle adalah pada control treble, skemanya sama, tinggal mengubah komponen jalur middle seperti penjelasan di atas.

Update 06 Juli 2019:
Setelah saya lakukan ujicoba selama ini, terdapat kesalahan yang perlu diperbaiki.
  1. Horn Speaker Toa ternyata tidak cocok untuk trebble. Horn Speaker lebih cocok untuk Middle Low. Artinya middle harus menonjol dan sedikit bass.
  2. Horn Speaker Toa meskipun dapat mengeluarkan suara rendah/low/bass, namun tidak boleh berlebih, karena akan membuatnya bergetar hebat, cepat rusak, dan spull cepat putus.
  3. Karena itu saya sarankan agar mengganti potensio bass dg trimpot dan disetel sekitar 1/4.
Selamat bereksperimen!
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

4 komentar untuk "Modifikasi Tone Control untuk Horn Speaker Toa agar lebih ke Middle"

  1. Nada bass masih keluar. Pada hal sudah di modifikasi sesuai petunjuk .. mohon solusix ..semoga sehat selalu 🤲

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahkan Capasitor Milar di jalur input, besarannya menyesuaikan, dari 105j ke bawah. Dipasang paralel ke ground

      Hapus
  2. Punya saya justru highnya gak mau hilang bikin suara cempreng..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih capasitor 102 atau 103 seri dg resistor lalu paralel antara input dg ground

      Hapus