Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Browser ini dapat kamu andalkan di segala kondisi

Browsing merupakan kegiatan menjelajah internet untuk mendapatkan informasi, berinteraksi, maupun untuk mendapatkan konten yang kita butuhkan. Nah alat untuk melakukan browsing ini disebut Browser. Browser ini merupakan inti dari dunia internet. Di setiap perangkat yang mendukung terhadap kegiatan menjelajah internet pasti dilengkapi Browser. Walaupun dalam penamaan aplikasinya berbeda beda. Ada yang menggunakan Internet, Browser, Internet Explorer, Opera, Opera Mini, UC Browser, UC mini, Chrome, Mozila Firefox, Dholpin, Baiddu Browser, dan lain sebagainya. Tapi pada intinya mereka semua adalah alat untuk menjelajah internet yang disebut Browser.

Kenapa sebanyak itu? Ya apalagi di Android kita dapat dengan mudah membuat aplikasi sendiri dan menginstalnya di Smartphone Android kita. Berbeda dengan I-Phone dan Windows yang hanya dapat meng-install aplikasi yang telah disediakan.

Meskipun sekarang banyak aplikasi yang dapat menggantikan Browser seperti aplikasi media sosial (Instagram, Facebook, Google+, Twitter dll), Toko online(Tokopedia dll), Berita (Babe, Uc news, dll) tetapi kita pasti tetap membutuhkan Browser di sewaktu-waktu. Oleh karena hendaknya kita harus memilih Browser apa yang sekiranya cepet, ringan gak bikin lemot hp, dan tampilan yang bagus sehingga mempermudah kita mendapatkan informasi dan hal yang kita inginkan. Apalagi kamu pelajar/mahasiswa, Browser ini menjadi andalan saat ngerjain UAS terbuka.

Kenapa tidak menggunakan Browser bawaan saja?

Setiap Browser memiliki kelebihan dan kelemahan. Sulit mendapatkan Browser yang susuai dengan kebutuhan dan karakter kita. Karena karakter dan kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda. Oleh karena itu setidak kita meng-install dua Browser yang sekiranya dapat saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Nah, di sini saya rekomendasikan dua Browser yang dapat kamu andalkan di kondisi bagaimanapun. Hingga saat ini pun dua broser ini nongkrong di hp Android saya karena keduanya saling melengkapi. (Bukan ngiklan ya, saya tidak mendapatkan apa-apa dari dua perusahaan ini. Tulisan ini saya buat semata-mata untuk berbagi pengalaman browsing dan otak-otik Android).


1. Chrome

Ya, Web Browser milik Google ini memang cukup handal. Beberapa fitur unggulan Chrome Seluler yaitu:

a. Telusuri secara instan

Telusuri dan navigasi dari kotak yang sama. Pilih dari hasil dan saran yang muncul saat Anda mengetik, termasuk penelusuran terbaru dan situs web yang dikunjungi, sehingga Anda bisa mendapatkan yang Anda inginkan dalam sekejab.

b. Mengetik lebih sedikit

Lewati semua pengetikan layar kecil. Isi Otomatis memungkinkan Anda menyelesaikan formulir hanya dengan satuklik, dan Saran Otomatis menghemat waktu saat mengetik URL dan penelusuranc

c. Lanjutkan dari saat terakhir Anda menggunakannya

Saat Anda beralih dari laptop ke ponsel, tidak perlu lagi mencari laman web yang tadi Anda baca. Dengan Chrome, Anda dapat langsung mengakses semua tab terbuka, bookmark, dan penelusuran terbaru dari perangkat apa pun. Dengan begitu, web ada di semua perangkat Andad

d. Dapatkan pengalaman terbaik dari Google – bahkan handsfree

Ini adalah browser seluler yang bisa diajak berbicara. Cukup ucapkan pertanyaan untuk menemukan yang Anda cari dengan cepat menggunakan kehebatan penelusuran suara Google.

e. Hemat data seluler saat menjelajah

Jangan biarkan paket data seluler yang mahal memperlambat Anda menelusuri web. Dengan Penghemat Data Chrome, Anda dapat mengurangi penggunaan data hingga 50% saat menjelajahi web di Chrome untuk Android. Artinya Anda dapat menjelajah lebih banyak di mana saja.
Di samping itu, dibanding Browser lainnya Chrome masih terhadap banyak kelebihannya. Diantaranya yaitu :

a. Tampilan

Chrome memungkinkan kamu untuk melihat tampilan Mobil maupun desktop. Layout website yang ditampilkan pun sama persis dengan desain dari blog itu sendiri. Bahkan Chrome dapat mengubah tampilan ke dekstop untuk website yang membandel dengan tampilan mobilenya. Sejauh ini saya mendapatkan beberapa website yang tidak dapat saya ubah ke tampilan dekstop. Berbagai Browser saya coba, mulai UC Web, Mozila Firefox, Dholpin, Baiddu, Next Browser dll, tak ada yang bisa. Cukup bandel juga ya website ini. Akhirnya saya beralih ke Chrome untuk melihat tampilan versi desktop. Dan untuk beralihnya pun mudah cukup pilih tombol opsi dipojok kanan atas dan centang Ubah situs dekstop. Hal ini berlaku pada tiap tab. Beda halnya dengan Browser lain yang ketika dirubah versi dekstop berubah disemua tab. Jadi jika tab pertama anda menggunakan situs dekstop maka untuk tab selanjutnya kamu dapat menggunakan situs mobile.

b. Mencetak dan menyimpan halaman offline

Fitur ini juga tersedia di web Browser lainnya akan tetapi di Chrome kamu dapat mencetak halaman kedalam format pdf tanpa harus meng-install plugin dan add-on seperti Browser lainnya. Disamping itu Chrome juga dapat menyimpann halaman secara offline untuk versi terbaru. Jadi ini cocok buat kamu apalagi sebagai mahasiswa tentu harus menyimpan materi, informasi, dan referensi di Google Chrome.

c. Google Translate

Di berbagai web Browser lainnya, fitur ini tersedia dengan meng-install addon yang disediakan Browser itu. Tapi di Chrome halaman akan diterjemahkan secara otomatis kepada bahasa yang kamu inginkan. Jadi gak kerepotan lagi buka situs luar negeri buat referensi tugas sekolah dan kuliah.

d. Dan masih banyak lagi silahkan anda coba pengalaman berjelajah di Chrome


Meskipun Chrome hadir dengan banyak keunggulan, tatapi ia tak tak bisa lepas dari kelemahan pula. Chrome terasa lambat ketika membuka diawal dan membutuhkan koneksi yang stabil tapi hal ini dapat diatasi dengan mengaktifkan mode hemat data atau menonaktifkan javascript Browser. Disamping itu Chrome tidak kontapabel dengan OS Android dibawah versi 4. Jadi untuk Android v dibawah 4 mohon bersabar atau kamu dapat mengupgrade ke versi 4 atau diatasnya(Upgrade ke OLX juga boleh.. hehe).


2. UC Mini

UC Mini adalah Browser tercepat dalam beberapa periode ini. Browser ini dapat memuat halaman web meskipun saat kondisi sinyal buruk dan tidak stabil. Disamping itu Browser ini sangat ringan dan tidak membebani Penyimpanan dan tidak menguras banyak RAM.


Tak lepas dari kelemahan, Uc Mini kalah jauh jika melihat tampilan yang sangat jauh berbeda dengan tampilan website pada aslinya. Dan sebagian website terkadang memblokir Uc Mini ini sehingga tidak dapat dibuka dengan baik. Tapi tidak menutup juga Browser ini dapat membuka website yang diblokir oleh pemerintah melalui provider.

Dua Browser di atas sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi jika di Android kamu diinstall dua Browser ini maka ia akan saling melengkapi. Browser Chrome dapat kamu gunakan untuk keperluan membuka website yang amburadul di UC mini, membuka tampilan dekstop, dan layaknya penggantian membuka Browser di PC. Cocok saat kamu bepergian dan tidak mendapatkan PC. Sedangkan UC mini dapat kamu gunakan dalam koneksi Internet tidak stabil dan keperluan download.

Oke, mungkin itu saja dari saya semoga tulisan ini bermanfaat. Bukan menggurui, hanya sekedar berbagi informasi. Silahkan share melalui tombol share di bawah.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Dua Browser ini dapat kamu andalkan di segala kondisi"