Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Supaya Terhindar dari Penandaan Facebook yang Mengganggu terlengkap, Hanya dengan Beberapa Langkah Mudah ini

Pada kesempatan kali ini saya bakal membahas mengenai tips agar terhindar dari penandaan Facebook yang mengganggu. Alhamdulillah malam-malam begini saya sempatin nulis tutorial ini karena saya melihat temen-temen saya banyak yang buat kesal dengan penandaan Facebook.

tanda facebook
Penandaan Facebook

Umumnya, seseorang melakukan penandaan di Facebook memiliki beberapa alasan yang diantaranya sebagai berikut :

#Promosi

Kebanyakan orang melakukan penandaan di Facebook karena suatu promosi. Sebab ketika kita ditandai oleh seseorang pada suatu kiriman di Facebook, maka teman-teman kita pun akan melihat kiriman itu. Bahkan teman kita yang tidak berteman dengan orang yang menandai tadi pun ikut melihatnya. Makanya sering terkadang orang kita melihat postingan dengan penandaan lebih dari 100 orang yang ditandai.

Walau pun ini sebenarnya melanggar standar komunitas Facebook, tapi Facebook sulit sekali menemukan postingan semacam ini di samping ini pun karena terlalu banyak, kecuali ada yang melaporkan postingan itu. Facebook sendiri sudah menyediakan fitur Fans Page bagi pembisnis untuk melakukan promosi bisnisnya. Akan tetapi halaman ini memang sulit ditemukan orang, kecuali kamu mempromosikannya. Tentu ini harus membayar kepada pihak Facebook. Oleh karena itu, banyak orang kemudian menggunakan akun pribadi sebagai akun bisnis.

#Iseng

Ya, terkadang seseorang melakukan penandaan di Facebook karena iseng semata. Walaupun terkadang mereka tidak sadar keisengannya itu bikin orang lain jengkel. Apalagi status/kirimannya cuma berisi hal yang alay-alay gitu deh. Atau bahkan hal-hal yang tidak anda sukai dan bikin ilfil. Gregetan deh..

#Agar status atau kirimannya banyak like dan komentar

Ketika kita ditandai oleh seseorang, otomatis kita akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan. Nah disitulah sebenarnya dia memberitahu kita tentang status terbarunya. Dan bahkan bisa jadi ia tampil pertama kali diberanda kita. Teman-teman kita pun bakal melihat status orang yang menandai kita tersebut. Nah di situlah orang itu bakal dapat like banyak dari temen dia dan temen kita. Coba bayangkan kalau teman kamu 4ribu orang, sementara kiriman itu ditandai ke 50 orang (50x4.000 berapa?). Dan yang bikin kita tambah jengkel, setiap ada komentar dan like kita pun juga dapat nonifikasi. Annoyed bukan?

#Tidak tau

Loh tidak tau bagaimana? Iya tidak tau, seperti kita ketahui ketika kita hendak mengunggah atau menupload foto di Facebook secara otomatis kita diberikan saran untuk menandai seseorang. Entah apa karena memang takut mubazir atau memang tidak tahu fungsinya menandai itu apa itu adalah sebuah kemungkinan.

#Memang kita bersamanya

Dan ya, Membuat kiriman entah itu status atau foto yang berhubungan dengan kita pun kita boleh ditandai. Misal kita sedang belajar bareng, jalan-jalan bareng, mandi bareng (eh maaf..) pokonya memang sepatutnya kita ditandai dalam kiriman itu. Hal ini menunjukkan kita sedang bersama dia entah itu foto, catatan, atau status.

**
Nah, berhubung alasan yang paling sering dilakukan adalah empat alasan pertama dan kesemuanya membuat kita jengkel, maka tutorial ini saya buat untuk memudahkan kamu melakukan settingan agar tidak sembarang orang dapat menandai kamu. Tutorial ini bukan untuk kamu yang sudah mahir menggunakan Facebook. Tetapi sebagian orang ada membuka Facebook tetapi hanya bisa membaca dan menulis tanpa menyentuh pengaturan Facebook. Dan pengaturan standar Facebook pun berlaku terhadap facebooknya.
Jika kamu membuka Google, dari mencari tutorial yang senada dengan ini mungkin banyak sekali. Tetapi dari sekian banyak tutorial itu tidak dapat menjelaskan bagaimana kondisi dan akibat yang sesungguhnya dari melakukan settingan itu. Artinya apa, bilangnya begini, setelah dicoba hasilnya begitu. Nah di sini saya akan mencoba memberikan kamu penjelasan dan langkah-langkah yang segamblang-gamblangnya.

Oke? Sudah siap? Nah, di sini saya tidak akan menggunakan Facebook desktop, tetapi hanya bakal menggunakan Facebook Reguler Smartphone dan versi dasar. Untuk memoderasi penandaan di Facebook pertama kamu harus masuk menu Pengaturan & Privasi.
Untuk Facebook Reguler kamu dapat menemukan menu ini pada Menu Opsi Menu atas paling kanan dengan ikon garis garis. Gulir ke bawah dan temukan Pengaturan Akun. Sedangkan untuk Facebook versi dasar gulir ke bawah, pilih menu Pengaturan & Privasi letaknya ada di footer laman Facebook versi dasar.

Nah, kalau udah masuk di menu Pengaturan silahkan pilih Kronologi dan Penandaan. Nah di situ bakal muncul beberapa pilihan untuk mengatur kronologi dan penandaan di Facebook kamu.

Berikut simak opsi pengaturan yang disediakan.

Siapa yang boleh mengirim ke Kronologi Anda?

Kamu dapat mengontrol siapa saja yang boleh mengirim di Dinding atau Kronologi Facebook kamu. Jika kamu memilih Teman, maka kamu dan teman-temanmu bakal dapat mengirimkan sesuatu di kronologi kamu dan publik dapat melihat kiriman ini jika pada 'Siapa yang dapat melihat kiriman orang lain di kronologi anda?' dipilih Publik.
Akan tetapi jika kamu memilih Hanya Saya, maka siapapun tidak akan dapat mengirimkan apa-apa di kronologi kamu. Ini akan menghilangkan kolom kiriman untuk teman-teman kamu tetapi kamu sendiri dapat membuat kiriman pada kronologi kamu sendiri.

Tinjau kiriman yang menandai anda sebelum sebelum muncul di kronologi Anda?

Nah di sinilah kamu dapat memoderasi penandaan terhadapmu. Jika kamu memilih menyala, maka setiap orang yang menandai kamu, kirimannya tidak akan muncul di kronologi kamu sampai kamu menyetujuinya. Tetapi kiriman itu masih dapat di beranda dan teman-teman kamu akan melihat tanda kamu pada kiriman itu. Tetapi jika kamu memilih Mati, maka ketika seseorang menandai kamu dalam suatu kiriman, maka otomatis kiriman itu akan muncul di kronologi kamu.

Siapa yang dapat melihat kiriman yang menandai Anda di profil Anda?

Nah, kalau yang ini mengatur siapa saja yang akan kamu perbolehkan melihat kiriman orang yang menandai kamu di kronologi kamu. Ketika seseorang menandai kamu entah kamu moderasi atau tidak. Ketika kiriman orang yang menandai kamu itu nongkrong di kronologi kamu. Entah karena kamu telah mengizinkan dengan memilih Tambahkan ke kronologi atau kamu mematikan peninjauan. Maka kamu akan melihat kiriman orang yang menandai kamu itu muncul di kronologi kamu. Dan secara default teman-teman kamu dapat melihat kiriman itu di kronologi kamu.

Pada pengaturan ini kamu dapat memilih publik yang artinya semua orang dapat melihat, kemudian teman dari teman artinya teman kamu dan teman mereka, kemudian teman artinya hanya yang berteman dengan kamu, khusus yaitu orang-orang yang termasuk dalam group khusus itu kemudian hanya saya artinya kamu saja yang dapat melihat kiriman itu di kronologi kamu.

Siapa yang dapat melihat kiriman orang lain di Kronologi Anda?

Ini sama dengan pengaturan di atas, hanya saja kiriman itu bukan penandaan melainkan berupa pesan dinding atau kiriman kronologi.

Tinjau tanda yang ditambahkan orang ke kiriman Anda sebelum tanda itu muncul di Facebook?
Kartika kamu membuat kiriman atau mengunggah foto, orang lain dapat menandai dirinya dan orang lain pada kiriman kamu tersebut. Jika kamu memilih Menyala, berarti tanda ini menunggu tinjauan dari kamu terlebih dahulu sebelum tanda itu muncul di Facebook. Akan tetapi jika kamu mematikan, maka tanda yang diberikan teman kamu itu akan secara otomatis tampil tanpa kamu moderasi terlebih dahulu.

Jika Anda ditandai dalam kiriman, siapa yang ingin Anda tambahkan sebagai pemirsa jika mereka belum menjadi bagian dari pemirsa?

Seperti dijelaskan di atas, bahwa jika kamu mengaktifkan moderasi penandaan, setiap ada orang yang menandai kamu dalam sebuah kiriman kamu akan mendapat pemberitahuan untuk ditinjau. Nah, jika pada pilihan ini kamu memilih Hanya Saya, maka orang lain tidak akan melihat tanda kamu dan tidak akan melihat kiriman orang itu diberanda. Tetapi ini hanya berlaku jika yang ditandai hanya kamu seorang. Kiriman orang itu tidak akan munc sebelum kamu menyetujuinya tetapi orang lain masih dapat melihat kiriman itu di kronologi teman kamj yang menandai itu. Jika dalam dikiriman itu menandai banyak orang maka kiriman itu tentu akan muncul diberanda teman kamu dan beranda teman dari teman kamu yang berada dalam tanda itu juga.

Siapa yang melihat saran tanda jika fotoyang mirip Anda diunggah?

Nah ini sudah jelas, kamu mungkin pernah melihat suatu foto yang mirip teman kamu. Dan kamu melihat saran untuk mendaki teman kamu yang ada di foto itu. Ya, di sini kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat saran tanda itu. Kamu dapat memilih Tak Seorang Pun, jika kamu ingin ketika ada foto yang mirip kamu di-upload itu mirip wajah kamu maka tak kan ada orang yang melihat saran tanda itu.

Nah, sampai di sini apakah sudah mengerti? Memang sampai saat ini tidak ada pilihan di Facebook agar kamu tidak bisa ditandai kecuali kamu Unfriend atau memblokir orang tersebut. Barulah orang itu tidak bisa menandai kamu dalam sebuah kiriman. Akan tetapi jika kamu masih hendak berteman dengan orang itu entah apa alasannya. Maka meng-unfriend dan memblokir bukan solusi terbaik. Nah berikut saran saya agar tidak terganggu dengan penandaan di Facebook.

Pertama, pada Tinjau kiriman yang menandai anda sebelum sebelum muncul di kronologi Anda? Pilih Menyala. Hal ini akan memoderasi tiap kiriman yang menandai kamu. Nah ketika ada seseorang yang menandai kamu maka kamu akan mendapat pemberitahuan untuk ditinjau. Kamu dapat memberiarkan hal ini karena kiriman itu tidak akan tampil di kronologi kamu. Tapi konsekuensinya kamu bakal notifikasi setiap ada yang like dan comment pada kiriman itu.

Nah biar kamu tidak lagi mendapat notifikasi yang nyampah itu, sebaiknya buka tinjau kiriman yang menandai tadi, kamu dapat membuka melalui pemberitahuan atau di profil kamu. Di sana bakal ada pesan untuk meninjau kiriman yang menandai kamu tadi. Nah, kalau sudah kamu buka, akan ada dua pilihan. Kamu dapat memilih Tambahkan ke kronologi dan Sembunyikan. Saran saya kamu pilih Sembunyikan. Ini hanya untuk menyembunyikan tetapi kamu akan tetap mendapat notifikasi. Nah pilihan berikutnya kamu pilih Hapus tanda. Sampai di sini berarti kamu sudah tidak ditandai lagi dalam kiriman itu.
Cara di atas yang saya jelaskan tadi jika kamu menggunakan Facebook versi dasar. Tetapi jika kamu menggunakan Facebook Reguler, Facebook Android, Facebook Lite, caranya lebih mudah cukup kamu lihat kiriman yang menandai kamu tadi pilih menu ikon dropdown pada pojok kanan atas pada kiriman tadi. Kemudian pilih Hapus Tanda.

Jika kamu masih kesal kepada orang ini yang selalu nyampah sama kamu, kamu dapat memilih Laporkan pada pesan berikutnya. Karena orang ini sifatnya mengganggu kamu dapat melaporkan ke Facebook untuk ditinjau karena ini melanggar Standar Komunitas Facebook. Bisa jadi pihak Facebook nanti bakal menghapus postingan itu, memberikan peringatan, atau bahkan menghapus akun Facebook orang yang kamu laporkan tadi.

Selanjutnya pada Jika Anda ditandai dalam kiriman, siapa yang ingin Anda tambahkan sebagai pemirsa jika mereka belum menjadi bagian dari pemirsa? Pilih Hanya Saya. Kamu akan tetap melihat kiriman yang menandai kamu di beranda, tetapi ini hanya kamu saja yang melihatnya. Kiriman tersebut tidak akan muncul di beranda teman kamu. Tetapi kiriman itu akan terlihat di kronologi teman kamu yang menandai tadi. Tergantung bagaimana pengaturan kronologi teman kamu.

Tonton videonya di bawah ini.


Mungkin itu saja yang bisa gua kasih, semoga bermanfaat kalau ada yang belum dimengerti silahkan bisa menanyakannya melalui kolom komentar. Silahkan Share!
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Tips Supaya Terhindar dari Penandaan Facebook yang Mengganggu terlengkap, Hanya dengan Beberapa Langkah Mudah ini"