Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap, cara mudah menghapus applikasi android yang tidak bisa dihapus secara normal

Pernahkah kamu menginstal applikasi di android, kemudian applikasi itu tidak bisa dihapus? Tenang dulu, jangan keburu di jual HP-nya. Karena di sini saya akan membahas bagaimana cara menghapus applikasi yang tidak bisa dihapus secara normal di android.

android
Android
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan applikasi Android tidak dapat dihapus secara normal.

1. Administrator Perangkat

Salah satu penyebab applikasi tidak dapat dihapus yaitu karena adanya administrator Perangkat yang aktif untuk applikasi tersebut. Ada banyak applikasi yang biasanya dilengkapi administrator perangkat, seperti antivirus, anti pencurian, dan lain-lain. Hal ini akan mengizinkan Pengelola Perangkat Android untuk mengunci/menghapus applikasi. Jadi applikasi tersebut tidak akan bisa dihapus selama administrator Perangkat ini diaktifkan, terkecuali di set ulang atau kembali ke pengaturan pabrik.

Oleh karena itu jika kamu mendapati applikasi pengguna yang kamu instal tidak bisa dihapus, silahkan masuk menu Pengaturan >> Kemanan >> Administrator Perangkat. Pilih administrator Perangkat applikasi mana yang ingin kamu hapus. Kemudian hilangkan centang pada applikasi tersebut dengan cara memilih administrator itu dan pilih Nonaktifkan. Setelah itu kembali ke Pengaturan Aplikasi, silahkan coba hapus aplikasi yang ingin kamu hapus tadi. Bisa? Jika belum bisa simak penjelasan berikutnya.

2. Masuk ke dalam Applikasi Sistem

Seperti kita ketahui bersama, bahwa applikasi bawaan android kamu memang tidak dapat dihapus. Karena jika dihapus, pada beberapa applikasi akan menyebabkan android kamu tidak stabil. Pertanyaannya apakah bisa applikasi pengguna dijadikan applikasi sistem? Tentu saja bisa. Tetapi hal ini dapat kamu lakukan setelah android kamu telah memiliki hak akses berakar atau sudah diroot.

Pertama yang perlu anda lakukan adalah, mengecek android kamu apakah sudah di root atau belum. Cara ceknya kamu bisa menginstal aplikasi Root Checker. Kalau Android kamu ternyata sudah di root, hal ini adalah suatu yang wajar terjadi. Akan tetapi jika belum, anda tidak perlu risau. Karena kemungkinan Android kamu memang mudah untuk dilakukan rooting.

Saya pernah menangani kasus seperti ini di Android teman saya. Androidnya belum di root tetapi applikasi pengguna dapat masuk pada applikasi sistem lantaran mengset applikasi tersebut menjadi applikasi default. Applikasi itu pun tidak dapat dihapus sekalipun kembali ke pengaturan pabrik. Karena telah menjadi applikasi sistem.

Nah, solusinya silahkan kamu instal applikasi Link2SD atau applikasi System App Remover. Jalankan applikasi tadi dan pilih applikasi yang akan kamu hapus dan pilih Hapus. Apakah berhasil? Kalau belum berhasil dan meminta hak akses root, maka kamu harus mengroot Android kamu terlebih dahulu. Silahkan cari tutorial di Google bagaimana cara root Android yang sesuai dengan tipe Smartphone kamu. Jika sudah ter-root buka kembali applikasi Link2SD atau System App Remover tadi, dan pilih applikasi yang akan kamu hapus. Pilih hapus. Jika ada permintaan izin akses root pilih Izinkan.

Sampai di sini apakah applikasi kamu sudah bisa dihapus? Semoga berhasil dan silahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Good Luck!
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Lengkap, cara mudah menghapus applikasi android yang tidak bisa dihapus secara normal"