Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagi Pengguna Whatsapp: Ketika HP Hilang atau Dicuri Segera Lakukan ini

Berawal dari sebuah kejadian kawan-kawan saya yang HP-nya hilang, sementara di dalamnya terdapat akun WA yang aktif. Dia lantas BC menginformasikan HP-nya yang hilang dan meminta untuk dikeluarkan dari group-group yang dia ikuti. Saya berpikir ini kok kayaknya ribet banget ya, tak seperti facebook, instagram, twitter, google dan media sosial lainnya yang dengan membuka akun melalui browser lain, mengganti sandi, dan mengeluarkan dari semua perangkat aktif, maka sampai di sini sudah dikatakan aman. Dan orang yang menemukan HP kita pun tak bakal bisa mengakses akun media sosial kita tersebut. Tetapi, hal ini berbeda dengan applikasi pesan instan yang satu ini yaitu WhastApp.

WhatsApp tidak dapat dibuka melalui browser (pada whatsapp web sekalipun jika tidak ada akun di perangkat). Untuk masuk akun Whatsapp haruslah menggunakan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS. Kalau SIM Card yang digunakan untuk akun WA tidak ikut hilang atau diletakkan pada ponsel berbeda ya tak masalah, tinggal kita menginstal kembali WA di HP baru kita dan masuklah ke akun WA dengan nomor itu. Secara otomatis WA akan melalukan log out pada HP yang telah hilang atau dicuri itu, karena WA tidak dapat digunakan oleh dua perangkat dengan nomor yang sama.


Lalu bagaimana jika SIM Card ikut tercuri?
Ada dua hal yang dapat anda segera lakukan.

1.Blokir kartu SIM Anda.

Anda harus menghubungi penyedia layanan seluler Anda sesegera mungkin untuk memblokir kartu SIM Anda. Dengan memblokir kartu SIM, orang lain tidak akan dapat memverifikasikan akun Anda pada telepon tersebut, karena untuk melakukan proses verifikasi, telepon harus dapat menerima SMS atau pun panggilan.

Setelah itu gunakan kartu SIM baru dengan nomor telepon yang sama untuk mengaktifkan kembali akun WhatsApp Anda pada telepon baru (datangi kantor pusat penyedia layanan komunikasi anda terdekat, contoh XL Center[XL] dan Grapari[Telkomsel]). Seperti diketahui, WhatsApp hanya dapat diaktifkan dengan satu nomor telepon pada satu perangkat di waktu yang bersamaan.

2. Menghubungi WhatsApp

Alternatif kedua yaitu dengan mengirim Email kepada Whatsapp (support@whatsapp.com) dengan menyertakan kalimat berikut "Hilang/Dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya" pada bagian badan email dan sertakan nomor telepon Anda dalam format internasional lengkap. Contoh +6282331111111. Anda harus menambahkan kode negara Anda pada sebelum nomor telpon Anda. Untuk Indonesia yaitu +62 kemudian Anda hilangkan angka 0 didepan nomor telpon. Untuk lebih jelasnya baca panduan menggunakan nomor telpon internasional.

Hal yang harus diperhatikan adalah pada saat kartu SIM terblokir dan layanan telepon dinonaktifkan, WhatsApptetap dapat digunakan dengan koneksi Wi-Fi jika Anda tidak menghubungi WhatsApp dengan permohonan untuk menonaktifkan akun Anda.

WhatsApp juga tidak dapat membantu Anda mencari lokasi telepon Anda. Menonaktifan akun WhatsApp secara jarak jauh dari perangkat lain tidak mungkin dilakukan. Jika Anda membuat cadangan menggunakan Google Drive, iCloud, atau OneDrive sebelum telepon Anda hilang, Anda mungkin dapat memulihkan riwayat chat.

Hal-hal yang terjadi ketika akun dinonaktifkan:
  1. Akun tidak sepenuhnya terhapus.
  2. Kontak Anda tetap dapat melihat profil Anda.
  3. Kontak Anda tetap dapat mengirimkan pesan kepada Anda, yang akan berada dalam status tertunda selama 30 hari.
  4. Jika Anda mengaktifkan kembali akun Anda sebelum akun tersebut dihapus darisistem kami, Anda akan menerima pesan-pesan yang tertunda pada telepon yang baru dan Anda akan tetap berada digrup chat Anda.
  5. Jika Anda tidak mengaktifkan akun Anda kembali dalam waktu 30 hari, akun tersebut akan sepenuhnya dihapus dari sistem WhatsApp.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Bagi Pengguna Whatsapp: Ketika HP Hilang atau Dicuri Segera Lakukan ini"