Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagi Pejuang Skripsi, pengetahuan dasar Microsoft Word ini harus benar-benar kamu pahami

Pejuang skripsi masih sehat? Karena kita sama-sama pejuang skripsi, saya tak perlu banyak ba-bi-bu lagi.
Dalam penulisan skripsi, anda tak kan lepas dengan applikasi Microsoft Word. Meskipun ada banyak applikasi olah dokumen lainnya, seperti Google Dokumen dll., tetapi Ms Word adalah applikasi paling populer khusunya di Indonesia. Saya yakin 100% anda para pejuang skripsi pasti menggunkan Ms Word dalam menggarap skripsi.

Ngerjain skripsi
Ngerjain skripsi; ilustrasi
Nah, demi kelaancaran anda dalam menggarap, anda harus punya pengetahuan dasar tentang Ms Word yang pasti digunakan dalam penulisan skripsi. Kita tinggalkan saja soal penggunaan jasa ketik yang membuat anda harus megeluarkan recehan yang tak sedikit, sudah tau kan, kalau jadi mahasiswa itu uang jajan harus rebutan sama uang fotokppi?

Maka dari itu, kamu harus bener-bener paham tentang apa saja pengetahuan yang diperlukan dalam mengoperasikan Ms Word ketika menggarap skripsi. Oke, lanjut..

1. Memeriksa Ejaan


Pemeriksa ejaan digunakan untuk menghindari kesalahan ketik/typo. Dengan menggunakan pemeriksa ejaan, anda dengan mudah dapat menemukan kata yang salah penulisannya, kata tidak baku, bahasa asing atau daerah, kesalahan tanda baca, dsb.

Tentu anda tidak mau bukan, kesalahan ketik ini terjadi dan baru diketahui setelah dicetak. Anda akan revisi lagi, ngetik, revisi lagi, ngeprint dan tentu memakan banyak biaya dan waktu.

Nah biar ini tak terjadi, sudah saya sediakan artikel yang khusus membahas masalah pemeriksa ejaan di Ms Word. Baca: Cara memeriksa ejaan pada Microsoft Word.

2. Daftar isi


Membuat daftar isi tampak mudah, tapi sebagian orang tentu masih kesulitan membuatnya. Daftar isi dapat dibuat dengan 3 cara, yaitu menggunakan Table, Tabs, dan Table of Content.

Sudahkah anda kenal salah satu dari cara pembuatan daftar isi di atas?? Saya sudah menyiapkan artikel untuk membahas lebih detail tentang membuat daftar isi dari tiga cara tersebut. Dimulai dari yang paling mudah dan sederhana hinggal paling sulit dan lebih rapi.


3. Membuat penomoran yang berbeda pada tiap beberapa halaman Ms Word.


Dalam menggarap skripsi tentu pada tiap halaman anda harus membubuhi nomor halaman. Nomor halaman yang dimaksud tidak hanya dari angka 1, 2, 3, dst. Tetapi pada bagian awal anda harus memberi penomoran dengan menggunakan angka romawi kecil seperti i, ii, iii, iv, dst. Setelah itu pada halaman BAB penomoran harus berada di bawah tengah dengan angka arab 1, 2, dst. Sementara pada halaman berikutnya penomoran halaman harus berada pada atas kanan.

Secara pengaturan default Ms Word anda tentu tak dapat melakukan ini dalam satu file dokumen Word. Makanya, sering saya lihat temen-temen  memisah file antara BAB dan BAB lainnya, halaman dan halaman lainnya. Karenanya, skripsinya akan terdiri dari banyak file yang menyebabkan kebingungan.

Dengan cara ini, skripsi anda akan tetap menjadi satu-kesatuan dalam satu file saja, meskipun dengan format halaman yang berbeda-beda.

NOTE: Sebenarnya saya lebih menyarankan memisah antara Cover, BAB I, BAB II, BABIII, dst hingga Daftar Pustaka. Hanya saja tips ini dapat digunakan untuk mengubah pada halaman BAB dan halaman berikutnya.  Jadi tutorial ini pasti juga akan berguna.

Pemisahan halaman per-BAB dimaksudkan:

a. untuk memudahkan pada proses burning skripsi. Beberapa Universitas memberikan ketentuan dilakukan pemisahan pada skripsi kita, seperti Cover, BABI, dst, Conclusion hingga Daftar Pustaka dan lampiran-lampiran.

b. Untuk menyatukan ketikan skripsi yang ratusan halaman akan membuat komputer atau Dokumen Reader akan lemot, serta akan menyulitkan dalam pencarian kata dalam teks.

Untuk itu, anda perlu membaca artikel yang sudah saya siapkan khusus membahas tentang itu. Baca: Membuat penomoran yang berbeda pada tiap beberapa halaman Ms Word.

4. Garis margin dan satuan margin


Mengatur ukuran kertas dan margin tidaklah terlalu sulit. Tetapi pada sebagian PC kamu akan berhadapan di mana pemberian angka 4 pada margin atas dan kiri, serta angka 3 pada margin kanan dan bawah, malah membuat dokumen yang anda buat jadi berantakan. Hal itu disebabkan satuan panjang yang digunakan oleh PC anda adalah Inches ("), sementara yang anda butuhkan adalah centemeter (cm). Margin atas dan kiri 4 cm sedangkan kanan dan bawah 3 cm, bukan 4 dm dan 3 dm.

Ini terjadi ketika anda gonta ganti PC dalam menggarap skripsi. Pengaturan standart komputer berbeda, nah pengetahuan dasar seperti harus benar-benar kamu kuasai, agar perkara spele ini tidak menghambat skripsimu.

Nah untuk mengatasi permasalahan yang seperti ini, anda cukup membaca artikel yang telah saya sediakan.



5. Membuat halaman Lancsape dan Potret dalam satu dokumen Microsoft Word


Membuat halaman Lanscape dan Potret dalam satu dokumen word diperlukan apabila anda membuat tabel lebar yang mengharuskan dibuat dalam ke halaman Lanscape, karena jika dibuat Potret lebar kertas tak memungkinkan dan menyebabkan tabel tidak rapi.

Baiklah, untuk artikel yang khusus membahas masalah ini silahkan baca: Membuat Page Layout Lanscape dan Potret dalam satu dokumen Word.

6. Shortcuts Keyboard


Shortcuts Keyboard/pintasan keyboard diperlukan untuk mempercepat anda melakukan suatu peeibtah pada dokumen Word. Misal, meyimpan, salin tempel, memiringkan text, menebalkan text, dsb., maka cukup menekan paduan keyboard ctrl + S untuk menyimpan, ctrl + C untuk menyakin dsb.

Shortcuts keyboard harus kamu pahami agar penggarapan ide cemerlang skripsimu cepat tersalurkan menjadi sebuah tulisan tentu yang seperti anda inginkan. Dalam penulisan skripsi tentu tak lepas dari pengaturan Font Style, Font Size, Tabulasi, Increase Indent, Decrease Indent, memberikan efek tebal, miring, bahkan salin tempel pun pasti dibutuhkan walau skripsimu tak boleh plagiat.

Saya kira anda sudah paham terkait itu, makanya saya tak perlu menulis artikel khusus pada bagian ini. Karena pengetahuan tentang itu sudah sangat umum dan sangat dasar.

Baiklah, saya hanya akan berikan link yang berisikan Shortcuts Keyboard pada Microsoft Word langsung melalui situs resminya.


Cukup demikian dulu, pengetahuan dasar Microsoft Word yang harus dipahami oleh para penjuang skripsi. Kalau ada tambahan akan saya upsate artikel ini pada lain kesempatan. Pantengi terus blog ini (www.samsul.net), atau bisa berlangnanan untuk dapat update artikel terbaru.

Silahkan tinggalkan komentar jika ada sesuatu yang belum kamu pahami, termasuk bisa request tutorial.

Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

2 komentar untuk "Bagi Pejuang Skripsi, pengetahuan dasar Microsoft Word ini harus benar-benar kamu pahami"