Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Menggunakan Applikasi WhatsApp yang Sudah Kadaluarsa

Perkembangan fitur whatsapp tentu membuat applikasinya semakin berat. Bagi smartphone hight-end yang memiliki kapasitas memori penyimpanan yang tinggi tentu bukan persoalan. Tetapi apabila smartphone yang anda gunakan memiliki kapasitas memory yang pas-pasan, tentu anda tidak akan bisa menggunakan whatsapp versi terbaru.

Sebagaimana yang terjadi pada smartphone saya sendiri dengan kapasitas RAM 512MB dan 2GB Penyimpanan Internal sudah tidak bisa menggunakan whatsapp versi terbaru. Ketika hendak memperbaharui applikasi whatsapp dari playstore, setelah selesai install malah bikin smartphone saya hang dan akhirnya bootlop. Tentu ini begitu mengesalkan bagi saya, untung saja tipe smartphone saya belum masuk daftar tipe ponsel yang tak bisa lagi menggunakan whatsapp, seperti yang terjadi pada beberapa ponsel android sebagian lainnya.

Penyebab lain yang mungkin anda ingin kembali menggunakan whatsapp versi lama karena pengen hemat kuota. Baca: Ini dia yang bikin whatsapp boros kuota. Namun menggunakan whatsapp versi lama tentu tak mudah sebagaimana applikasi lainnya. Karena ketika dibuka maka akan menampilkan pesan : "Versi WhatsApp ini telah kadaluarsa pada .. (tanggal hari ini). Silahkan buka Google Play Store untuk mengunduh versi terbaru". Tidak ada pilihan lain dalam hal ini, mau tidak mau anda akan diarahkan pada Google Play Store untuk mengunduh versi terbaru dari whatsapp.


Akan tetapi anda tak perlu risau dan putus asa, karena ini masih bisa kita akali. Anda bisa mengunduh whatsapp versi lama di semua versi di SINI.

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Pengaturan >> Tanggal dan Waktu lalu hapus ceklis pada Tanggal dan Waktu Otomatis dan Zona Waktu Otomatis.

2. Atur secara manual tanggal ponsel anda sesuai dengan tanggal publish applikasi whatsapp itu. Jika anda mengunduh whatsapp versi lama, pasti anda diberi tahu kapan versi itu di-update. Nah ubahlah tanggal dan waktu pada seblum versi itu kadaluarsa pada update versi berikutnya.

Jika anda tidak tau kapan versi whatsapp itu di-update, maka anda dapa mengira-mengira waktu tersebut. Jika belum bisa, terus ubah waktu secara mundur sampai beberapa tahun lalu dengan perkiraan update versi itu.

3. Tutup applikasi whatsapp yang muncul pesan agar di-update tadi. Pastikan applikasi whatsapp tersebut sudah benar benar keluar atau berhenti bekerja. Atau jika perlu hapus data applikasi whatsapp dengan cara masuk Pengaturan>>Applikasi>>Terunduh kemudian pilih Whatsapp dan pilih Clear Data atau Hapus data.

4. Coba buka kembali applikasi Whatsapp tadi, apakah masih muncul pesan versi kadaluarsa?? Kalau masih muncul pesan itu berarti anda perlu mengatur tanggal dan waktu lebih jauh lagi ke belakang.

Oke, demikian yang bisa saya berikan pada tutorial kali ini. Jika belum mengerti silahkan berkomentar.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Menggunakan Applikasi WhatsApp yang Sudah Kadaluarsa"