Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menggunakan pemeriksa ejaan pada Microsoft Word

Kesalahan ketik di Microsoft Word tak dapat dihindari sekalipun anda adalah orang yang mahir mengoperasikan Microsoft Word. Tentu kita merasa kesal karena setelah dokumen dicetak/print, kesalahan ketik baru kita temukan, akibatnya kita kira perlu memperbaikinya lagi dan cetak ulang.

Nah, untuk menghindari kesalahan ketik dalam dokumen Word, cukup mudah. Cukup ukuti langkah-langkah berikut.

1. Download Plugin Kamus Bahasa Indonesia untuk Microsoft Word DI SINI.

Plugin ini bisa di tambahkan pada semua versi Microsoft office, termasuk office word 2003, 2007, 2010, 2013, dan 2016.

2. Ekstrak File hasil unduhan tadi. Kemudian copy file tersebut ke folder “C:\Users\Nama User\AppData\Roaming\Microsoft\UProof” seperti contoh gambar berikut ini.

Koreksi Ejaan


Jika kamu tidak dapat menemukan folder ini, jangan putus asa dulu karena folder tersebut adalah folder yang tersembunyi. Kita perlu mengatur pada pengaturan Windows Explorer agar supaya menampilkan file atau folder yang di hidden dengan cara klik tab View » Beri centang pada Hidden Items.



3. Buka Microsoft Word pada Windows kamu.

Setelah itu klik menu File » Options.



4. Setelah jendela Word Options terbuka, silahkan klik pada tab Proofing. Pastikan ada tanda centang pada opsi Check spelling as you type, Mark grammar errors as you type, frequently confused words, dan Check grammar with spelling.


Selanjutnya klik Custom Dictionaries…

5 Setelah jendela Custom Dictionaries terbuka, klik pada opsi Add.


Setelah itu pilih “Kamus Bahasa Indonesia.dic” lalu klik Open.

Setelah selesai, akan di tampilkan kamus bahasa indonesia yang telah di tambahkan pada kategori All Languages. Pastikan sudah tercentang dan klik OK.

6 Sampai di sini, kita telah berhasil menambahkan custom dictionaries untuk bahasa indonesia pada word kita, langkah selanjutnya adalah mengatur proofing bahasa agar supaya bisa mendeteksi kata yang salah.

Caranya sebagai berikut: Klik tab Review » Language » Set Proofing Language.


Maka akan muncul layar kotak Language untuk memilih bahasa, silahkan gulir ke bawah dan pilih Indonesian dan pastikan tidak ada centang pada Do not check spelling or grammar, Setelah selesai klik OK.



7. Sekarang buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada.

Setelah itu lihatlah pada setiap kata yang salah akan ditampilkan dengan garis bawah berwarna merah seperti contoh gambar dibawah ini.



Dan tentunya sudah mendukung bahasa indonesia, jadi setiap kata yang kita ketik dengan bahasa indonesia bila itu adalah kata yang salah (kata tidak baku) maka akan langsung di tandai seperti gambar di atas.

Sekarang untuk memperbaiki atau membenarkan setiap kata yang salah, Anda hanya perlu melakukan Klik Kanan pada kata yang salah, maka akan di tampilkan rekomendasi kata yang benar.



Jika tanda tidak muncul, kamu dapat melakukan pemeriksaan ejaan melalui pilih tab menu Review >> Pilih Pemeriksa Ejaan, ikonnya berbentuk ABC dengan tanda ceklis. Atau lebih cepatnya kamu bisa menggunakan shortcuts dengan menekan keyboard F7.

Baiklah, semoga berhasil dan apabila belum mengerti tinggalkan komentar.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Cara menggunakan pemeriksa ejaan pada Microsoft Word"