Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat daftar isi pada Microsoft Word

Membuat daftar isi pada Microsoft Word dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu dengan menggunkan Table, Tabs, dan menggunakan Table of Content. Secara rinci ketiga cara tersebut akan saya jelaskan satu-persatu. Baca dan perhatikan dengan baik. Saya mulai dari yang paling mudah dahulu.

1. Table

Menggunakan menu Table untuk membuat daftar isi sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1) Buka Ms Word, atau kalau sudah memiliki file yang akan diberikan daftar isi silahkan buka saja file itu.

Langkah 2) Setelah itu letakkan kursor pada halaman yang akan diberikan daftar isi.

Langkah 3) Klik Insert >> Table, dan gunakan tabel dengan dua columns saja, seperti gambar berikut.


Langkah 4) Tarik garis tabel yang tengah menuju ke kanan sehingga kolom yang sbelah kanan menyempit. Usahakan hanya muat untuk 1 sampai 3 angka, jangan terlalu sempit dan jangan terlalu lebar.  Seperti gambar berikut.


Langkah 5) Tulislah Bab atau subbab yang akan kamu isi pada daftar isi kemudian dilanjutkan dengan titik-titik secara manual. Pada kolom sebelah kanan isilah dengan nomor halaman.

Langkah 6) Untuk menambah Row atau table di bawahnya kamu hanya perlu menekan tombol Tab pada keyboard.

Langkah 7) Apabila telah selesai semuanya, maka kamu tinggal menghapus border pada tabel itu. caranya dengan klik tab menu Home >> Paragraph >> kemudian pilih border atau ikon segi empat di pojok bawah, kemudian pilih No Border, seperti gambar berikut.


Langkah 8) Selesai. Cara ini adalah cara paling mudah dalam membuat daftar isi, tetapi pasti tidak lepas dari kekurangannya.

Jika anda merasa kurang yakin dan kurang cocok dengan cara ini silahkan ikuti tutorial berikutnya. Tentu semakin sulit, tetapi semakin rapi dan enak dipandang.

2. Menggunakan "Tabs"


Menggunakan Tabs dalam membuat daftar isi terlihat lebih rapi dan lebih cepat dalam pembuatan, tetapi tentu memiliki tata cara yang lebih rumit dan harus memiliki kesabaran.

Nah, langsung ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah 1) Seperti biasa, letakkan kursor pada halaman yang akan dibuat daftar isi.

Langkah 2) Masuk tab manu Home >> Paragraph kemudian klik tanda panah di pojok kanan bawah pada Paraghraph, kemudian pilih Tabs pada pojok kiri bawah sebagaimana gambar berikut.


Langkah 3) Setelah menu Tabs terbuka, isilah pada kolom atas kiri dengan angka dimana titik-titik yang ingin kamu buat berhenti. Misal saya di sini memasukkan angka 15, berarti nanti titik-titik akan berhenti pada jarak 15 cm dari margin kiri kertas. Setelah itu pada Leader pilih nomor 2, dan terakir pilih Set. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar.


Langkah 4) Tekan tombol Tab pada keyboard. Dan yeeeee... berhasil.!!. Kemudian anda hanya perlu memasukkan nomor halaman setelahnya. 



Lakukan hal yang sama pada baris berikutnya. 

Oke, sampai di sini cara kedua ini sudah selasai. Kita lanjut pada cara  ketiga.

3. Table of Content


Memggunakan Table of Content memang agak ribet pada awalnya. Tetapi nantinya pasti akan lebih mudah jika terdapat kesalahan di akhir.

Jika anda membuat dokumen banyak halaman dan tentu semakin akhir nomor halaman yang anda buat akan berubah seiring adanya perbaikan pada dokumen tersebut. Menggunakan table dan tabs dalam membuat daftar isi menjadikan anda harus memperbaiki nomor halaman secara manual. Yah, kalau hanya 20 halaman mungkin mudah, tapi bagaimana jika sama beratus-ratus halaman?? Tentu anda butuh penomoran yang otomatis bukan?

Nah, menggunakan Table of Content memungkinkan anda membuat daftar isi hanya dengan sekali klik. Baik nomor maupun Bab dan Subbab pada daftar isi akan menyesuaikan dengan dokumen yang telah anda buat.

Bagaimana cara?? Mudah, simak langkah-langkahnya.

Langkah 1) Anda perlu mambuat Heading 1, Heading 3, Heading 3 dst pada dokumen anda. BAB jadikan Heading 1, Subbab jadikan Heading 2, dan seterusnya.

Contoh: BAB I PENDAHULUAN sebagai Heading 1, A. Latar Belakang sebagai Heading 2. Caranya, blok atau letakkan kursor pada Bab atau Subbab dokumen anda lalu pilih tab menu Home >> kemudian pilih Heading 1, Heading 2 dst, sebagaimana gambar berikut.



Langkah 2) Setelah penandaan heading dan subheading selesai, langkah selanjutnya adalah meletakkan kursor pada halaman yang akan kamu jadikan halaman daftar isi. Berikan Judul Daftar Isi dan jangan lupa untuk menjadikannya sebagai Heading 1 juga.

Setelah itu pilih menu Reference >> Pilih Table of Content. Kamu bisa memilih jenis table yang kamu butuhkan. Pilih salah satu.



Langkah 3) Lihatlah, secara otomatis daftar isi anda telah selesai dibuat dengan teks dan penomoran otomatis. 

Langkah 4) Perbaiki penulisan daftar isi yang telah dibuat tadi, seperti Fonts Style, Font Size, Warna teks, Space, dan lainnya sesuai format prnulisan yang kamu butuhkan.

Langkah 5) Apabila anda melakukan revisi pada isi dokumen, dan menyebabkan nomor atau bab dan subbab berubah, anda dapat mengupdate tabel daftar isi tersebut dengan cara klik pada pojok kiri atas tabel, pilih Update Table of Content. Ada dua pilihan, perbaharui nomor halaman saja atau perbarui semuanya.


Sampai di sini, anda telah berhasil membuat daftar isi dengan rapi enak dipandang mata dan tentunya sesuai dengan tata cara penulisan yang anda butuhkan.

Cukup sekian dulu tutorial ini, semoga berhasil dan bila belum paham bisa bertanya dan diskusi di kolom komentar.

Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Membuat daftar isi pada Microsoft Word"