Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat penomoran yang berbeda pada tiap beberapa halaman Microsoft Word dengan pemisah halaman

Membuat penomoran yang berbeda maksunya adalah memberikan nomor halaman pada dokumen word dengan jenis nomor yang berbeda pada tiap halaman atau beberapa halaman. Membuat penomoran halaman pada dokumen Word cukup dengan cara masuk menu Insert >> Page Number >> Pilih jenis penomoran halaman yang dikehendaki, apakah di atas, bawah, kanan atas, kanan bawah, kiri atas atau kiri bawah.

Apabila anda memberikan penomoran sebagaimana tadi, ini akan membuat seluruh halaman pada dokumen Word tadi terdapat nomor halaman dengan jenis dan bentuk yang sama.

Bagaimana jika yang anda kehendaki adalah ada salah satu halaman yang tidak mau diberikan nomor halaman, atau memberikan nomor halaman dengan gaya yang berbeda? Mari ikuti langkah-langkahnya

Langkah 1) Buatlah penomoran pada halaman awal dokumen anda. Misal Halaman Judul, Halaman Petsetujuan, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Singkatan, dsb dengan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, dst) pada posisi tengah bawah.

Langkah 2) Letakkan kursor pada akhir karakter pada halaman yang ingin dibuat. Misal saya di sini meletakkan pada halaman Daftar Singkatan, karena setelah daftar singkatan penomoran halaman akan saya ubah dengan angka arab.

Langkah 3) Pilih tab menu Page Laye Out >> Break >> Netx Page. Kursor akan berpindah pada halaman berikutnya.
Memisah halaman
Langkah 4) Berikan penomoran pada halaman tersebut dengan cara pilih Insert >> Page Number >> dan pilih gaya penomoran di tengah dan posisi tengah. Pilih jenis angka 1, 2, 3, dst.  pada format page number. Karena ini halaman BAB, maka penomoran kita letakkan di tengah bawah.
Membuat Page Number
Memilih format page number
Langkah 5) Pastikan Link to Previuos tidak aktif dengan cara mengklik Link to Previous sehingga tidak berwarna kuning lagi. Aktifkan footer dan masuk menu Design, pada group Navigation pilih Link to Previous.

Langkah 6) Sekanjutnya kita akan membuat penomoran pada halaman berikutnya dengan meletakkan nomor halaman pada posisi kanan atas. Ulangi langkah 2, 3, dan 4 seperti di atas tetapi dalam melilih gaya penomoran posisi kanan atas. Pastilakan juga Link to Previuous tidak aktif.


Langkah 7) Apabila masih terdapat nomor halaman pada bagian bawah halaman, anda bisa menghapusnya secara manual, atau dengan menonaktifkan/remove Page Number. Pastikan nomor halaman sebelumnya pada halaman BAB yang telah kita buat tidak ikut terhapus.


Pastikan pula pada halaman BAB di pojok kanan atas tidak terdapat nomor halaman (nomor halaman ganda). Jika di pojok kiri atas pada halaman BAB, anda dapat menghapusnya secara manual.

Langkah 8) Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas pada halaman berikutnya sesuai kebutuhan anda.

Inti dari tutorial ini adalah penggunaan Next Page yang berarti memisah halaman. Jadi dalam satu dokumen word kita dapat memisah halaman untuk kita ubah forrmatnya sesuai dengan kemauan dan kebutuhan kita tanpa khawatir mengubah format halaman sebelumnya.

Oke, saya kira cukup. Jika belum menterti gunakan kolom komentar untuk berdiskusi.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Membuat penomoran yang berbeda pada tiap beberapa halaman Microsoft Word dengan pemisah halaman"