Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengahapus data cache android dapat membuat android menjadi ringan, mitos atau fakta?

Sering kali saya jumpai pengguna android menghapus data cache menggunakan applikasi Cleaner yang memberatkan android. Walaupun applikasi Cleaner (ada berbagai macam namanya, tapi intinya applikasi ini menghapus file sampah dibpenyimpanan anda) mengklaim dapat membuat android menjadi ringan, itu sih benar karena aplikasi ini tugasnya menghapus file tak terpakai sisa applikasi atau file sampah lainnya yang memberatkan atau menyebabkan penyimpanan android anda menjadi penuh. Tapi itu tidak seratur persen benar, kenyataanya applikasi Cleaner ternyata malah membuat android menjadi berat terutama android yang RAM dan memory penyimpanannya low capasity.

Untuk itu sebaiknya anda menghapus cache android secara manual dengan cara masuk ke Menu Pengaruran (Setting) >> Applikasi, dan pilih applikasi yang ingin di hapus data cache-nya. Biasanya yang banyak data cache-nya itu applikasi seperti facebook, instagram, browser, dll.

Terlalu sering menghapus cache juga tidak baik, karena akan menyebabkan applikasi yang cache-nya terhapus harus mendownload ulang script dari sebuah situs, sehingga loading applikasi ketika dibuka akan lebih lama dan tentu kuota internet pun akan makin banyak berkurang.

Menghapus cache satu-satu dari tiap applikasi cukup ribet, tetapi apabila anda sudah mantap ingin menghapus semua data cache dari semua applikasi, caranya mudah. Masuk menu Pengaturan >> Penyimpanan >> biarkan android anda menghitung jumlah cache terlebih dahulu. Setelah penghitungan selelsai, pilih "Data dalam cache", akan muncul pesan "ini akan menghapus data cache dari semua applikasi", pilih Oke.

Hapus Cache Android
Sampai di sini anda sudah berhasil mengahapus cache. Jadi kesimpulannya, cache memang dapat memberatkan android anda jika sudah terlalu banyak, tetapi penghapusan cache dapat menyebabkan loading applikasi yang anda hapus cache-nya menjadi agak lama ketika pertama membuka. Tetapi ini hanya sebentar, berikutnya anda bisa dengan mudah dan ringan menggunakan android anda kembali.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Mengahapus data cache android dapat membuat android menjadi ringan, mitos atau fakta?"