Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Periksa Ejaan Bahasa Indonesia pada Dokumen Word melalui Android

Halo, XYZ! Dalam membuat dokumen word di komputer, kesalahan ketik atau pemeriksa ejaan dapat dilakukan dengan mudah sebagaimana sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Baca: Cara memeriksa ejaan pada Microsoft Word.

Namun sekarang, membuat Dokumen tidak hanya dapat dilakukan di komputer, tetapi di Android pun kita bisa melakukannya. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dokumen word, diantaranya WPS Office, Polari Office, SmartOffice, Docs to Go, Google Dokumen, Microsoft Word, dan banyak lagi. Dengan mengetik "office" pada pencarian Google Play Store maka akan muncul banyak aplikasi office yang dapat kamu gunakan untuk mengolah dokumen.

Periksa ejaan
Spelling
Sekarang kita akan bahas bagaimana cara spelling grammar (memeriksa ejaan) pada dokumen word melalui HP Android.

Tidak semua applikasi office do android mendukung fitur pemeriksa ejaan, kalau pun ada fitur tersebut bahasa yang digunakan untuk memeriksa juga bukan bahasa indonesia. Nah berikut applikasi office android yang memiliki fitur pemeriksa ejaan bahasa Indonesia.

1. Microsoft Word

Applikasi microsoft word tidak hanya ada pada komputer, tetapi pada android juga ada. Applikasi ini secara resmi dirilis oleh perusahaan microsoft. Kamu dapat menginstall applikasi Microsoft Word melalui playstore.

Cara melakukan pemeriksaan cukup mudah yaitu sebagai berikut.

1) Setelah applikasi Microsoft Word terinstal, buka dokumen yang ingin kamu periksa ejaannya melalui applikasi ini.

2) Apabila format dokumenmu tidak kontapable atau berformat .doc maka akan meminta untuk memutakhirkan format file dengan cara menyimpan ulang. Pilih mutakhirkan pada bagian atas dokumen, sehingga kamu bisa mengedit file dokumen yang kamu buka tadi.

3) Setelah kamu bisa mengedit dokumen, tandanya soft keyboard sudah muncul dan ada pilihan menu dropdown. Pada pilihan menu dropdown tersebut, pilih menu Pratinjau/Review.

4) Pilih dan Aktifkan pemeriksa ejaan.

5) Akan muncul tanda pada kata yang tidak baku. Kata yang tidak baku ini merupakan kata yang tidak ada pada KBBI, termasuk salah ketik.

Akan ada tanda garis merah berombak pada kata yang tidak baku. Sedangkan garis hijau berombak berarti berarti terdapat kesalahan fragmen pada kata itu, misal spasi lebih, penempatan huruf kapital, dan penggunaan tanda baca.

6) Apabila tanda garis tadi tidak muncul, kamu harus menunggu beberapa saat. Karena applikasi Microsoft Word masih harus mendownload kamus bahasa Indonesia terlebih dahulu, pastikan koneksi internetmu lancar.

Sampai di sini saya pastikan anda sudah bisa melakukan pemeriksaan ejaan pada applikasi Microsoft Word for android.

2. Google Dokumen

Google tampaknya tak mau kalah. Applikasi Google Dokumen ini di mampu menyingkronkan dengan banyak pengguna dalam satu waktu. Jadi satu file word dapat dikerjakan oleh banyak orang dalam satu waktu bersamaan.

Tak hanya itu salah satu fitur yang sesuai topik artikel ini yaitu melakukan pemeriksaan ejaan bahasa Indonesia.

Download dan instal aplikasi Google Dokumen dari play store.

Setelah terinstal, buka dokumen anda. Biasanya secara otomatis sudah dapat melakukan pemeriksa ejaan dengan tanda yang sama dengan sebelumnya.

Jika belum bisa, kemungkinan proses download bahasa belum selesai. Tunggu dan pastikan koneksi internet kamu lancar.

3. OfficeSuite

Aplikasi OfficeSuite juga merupakan applikasi office yang mendukung fitur pemeriksa ejaan bahasa Indonesia.

Caranya sama dengan sebelumnya, download dan instal OfficeSuite melalui playstore. Buka dokumen, dan secara applikasi ini akan otomatis mendownload Kamus Bahasa Indonesia, tunggu sampai selesai.

Untuk melakukan pemeriksa ejaan pilih menu dropdown pada pojok klorin atas, pilih Ulasan. Nah, di situ akan ada menu Periksa Ejaan. Jangan lupa pilih Tetapkan Bahasa lalu pilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa dokumen.

Nah, sekarang kamu sudah dapat mengenali bahasa tidak baku dan salah ketik pada dokumen kamu dengan aplikasi OfficeSuite.

Sebenarnya di android sudah dilengkapi dengan pemeriksa ejaan saat kamu melakukan pengetikan. Kamu bisa melakukan pengaturan dengan cara: masuk menu Pengaturan >> Bahasa dan Masukan, lalu aktifkan pemeriksa ejaan.

Pada tiap kamu melakukan kesalahan pada saat mengetik, akan secara otomatis mengubah pada kata yang benar, atau memberi kamu saran kata.

Jika kamu kesulitan, kamu dapat mengganti tombol bawaan android kamu dengan Google Keyboard, Smart Keyboard, dll yang mendukung pemeriksa ejaan.

Baiklah, sampai di sini dulu tutorial ini, semoga bermanfaat, jika bermanfaat jangan lupa untuk berbagi.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Periksa Ejaan Bahasa Indonesia pada Dokumen Word melalui Android"