Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah kaprah pemakaian istilah restart, reboot, dan reset

Dalam sehari-hari kita sebagai pengguna computer dan smartphone sering dihadapkan dengan kata restart, reboot, dan reset.
android booting
Android Booting
Dari ketiga istilah tersebut, kata restart yang paling populer. Bahkan hampir ketiga istilah tersebut di samakan dengan restart. Lalu apa bedanya ketiga istilah tersebut.

1. Restart

Istilah restart berasal dari bahasa inggris, dimana terdiri dari kata "re" (mengulang) dan "start" (memulai). Jadi restart artinya yaitu memulai ulang. Memulai ulang dapat digunakan untuk memulai kembali program atau menghidupkan kembali program. Kata restart dapat digunakan menonaktifkan program untuk secara otomatis di jalankan kembali.

Conoh: Restrart komputer, berarti menonaktifkan komputer dan secara otomatis dihidupkan kembali.

Tetapi kata restart tidak selalu digunakan untuk menonaktifkan perangkat dan memulainya kembali, melainkan juga dapat di gunakan pada applikasi. Misal: Restart WhatsApp, berarti WhatsApp yang sedang di jalankan diberhentikan dahulu untuk kemudian dijalankan lagi.

2. Reboot

Reboot yaitu melalukan boot ulang. Reboot biasanya banyak digunakan pada smartphone. Reboot hampir sama dengan restrart. Bedanya reboot adalah proses memuat ulang perangkat, dimana pernagkat melakukan boot ualang. Reboot juga dapat dikatakan restart, tetapi tidak semua restrart dapat dikatakan reboot. Restart lebih banyak cakupannya, bisa software atau hardware. Sednagkaj reboot sebatas lebih pada perangkat keras, di mana melalui proses booting.

3. Reset

Reset artinya mengatur ulang. Instilah reset sering digunakan untuk mengembalikan pengaturan pada pengaturan semula atau lebih dikenal ke pengaturan pabrik. Reset mungkin akan mengakibatkan hilangnya beberapa file dalam penyimpanan. Hari-hati dalam melakukan ini.

Reset digunakan apabila pernagkat telah diatur sedemikian rupa dan menyebabkan terjadinya eror, sehingga perlu diatur ulang sebagaimana pengaturan dari pabrik.

Intinya jangan takut untuk melalukan restart, jika itu memang di perlukan. Restart hanya memulai ulang, jadi jangan digunakan untuk mengeluh data foto kontak hilang hanya gara-gara di restart. Kecuali kamu menggunakan komputer umum seperti di laboratorium dan warnet.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Salah kaprah pemakaian istilah restart, reboot, dan reset"