Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah mengatasi Whatsapp tidak bisa dibuka

Applikasi pesan instan WhatsApp menjadi applikasi paling populer di Indonesia. Selama 10 tahun perjalanan Whatsapp, dan bergabung dengan facebook pada 2014 lalu, kini Whtasapp sudah digunakan oleh lebih 1.5 Milyar setiap bulannya. Wah keren ya.

Namun sampai saat ini, Whatsapp masih tetap pada pendiriannya untuk tidak menjual iklan, hal inilah membuat whatsapp menjadi makin populer dan digandrungi oleh masyarakat. Walaupun suatu saat tidak menutup kemungkinan Whatsapp akan memonitasi, dan menempatkan iklan pada sela-sela status, menurut desas-desusnya sih begitu.

Kini, Whatsapp makin berkembang, fitur-fitur canggih dan fitur kemanan pun selalu ditingkatkan. Berikut adalah sejarah perjalanan Whatsapp selama 10 tahun, dari segi fitur dan pengguna terlihat pesat perkembangannya, apalagi sejak bergabung dengan Facebook.

whatsapp
Sumber: Blog Whatsapp
Terlepas dari fitur dan semua kelebihan Whatsapp, ternyata whatsapp mengalami berbagai masalah di beberapa model smart phone. O iya saat ini, Whatsapp hanya dapat digunakan di ponsel pintar saja, namun tidak semuanya, beberapa operasi sistem yang masih jadul sudah tidak dapat menggunakan whatsapp lagi, seperti Java, Symbian, dan Android versi 3 ke bawah.

Perkembangan fitur Whatsapp kadang membuat eror di beberapa HP, masalah yang sering terjadi yaitu Whatsapp tidak dapat dibuka, Whatsapp lag, dan nama profil tiba-tiba kosong dsb. Salah satu masalah yang akan memandu bahasan kita yaitu mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka.

Whatsapp tidak dapat dibuka disebabkan banyak faktor, diantaranya sebagai berikut.

Whatsapp kadaluarsa

Whatsapp selalu menekankan pada penggunanya untuk memperbaharui applikasinya. Apabila tersedia applikasi whatsapp versi terbaru, akan ada pemberitahuan untuk malakukam pembaharuan. Pembaharuan ini awalnya masih bisa dilewati, namun beberapa waktu kemudian, whatsapp tidak mentolerir lagi, mau tidak mau harus memperbaharui applikasi whatsapp melalui Playstore.
Baca: Cara membuka Whatsapp yang sudah kadaluarsa

Apabila Whatsapp Anda tidak bisa dibuka dan muncul pesan bahwa Whatsapp sudah kadaluarsa, maka satu-satunya cara Anda harus mamperbaharuinya melalui Playstore atau meminta file apk pada teman Anda.

Applikasi Whtasapp tidak kontapable

Applikasi Whatsapp yang tidak kontapable, mengakibatkan whatsapp tidak dapat dibuka. Anda mungkin mengunduh applikasi whatsapp dari situs pihak ketiga, atau Anda menginstal file APK yang diminta dari teman-nya yang menggunakan HP versi operasi sitem berbeda.

Satu-satunya cara agar whatsapp bisa dibuka kembali adalah dengan cara mengunistal/menghapus whatsapp dan menginstal kembali melalui playstore.

Cara menghapus applikasi whatsapp, masuk ke menu Pengaturan, pilih Applikasi, cari applikasi Whatsapp, pilih dan hapus/uninstal.

Penyimpanan internal penuh

Persoalan penyimpanan penuh masih saja menjadi kendala, walau HP jaman now sudah dilengkapi ruang penyimpanan yang cukup banyak. Penginapan internal yang hampir penuh juga bisa menjadi penyebab Whatsapp Anda tidak dapat dibuka. Solusinya Anda hanya perlu memindahkan file-file penting ke penyimpanan eksternal, file-file sampah yang taj diketahui jenisnya tinggak dihapus saja, misal di folder Android, dan folder sisa applikasi yang sudah dihapus.

Yang terakhir,

Anda menggunakan dua Whatsapp dengan nomor yang sama.

Whatsapp tidak memperbolehkan penggunaan nomor yang sama untuk dua applikasi whatsapp. Apabila ini terjadi salah satu Whatsapp tidak akan dapat dibuka. Sanksi paling mengerikan Nomor Anda akan diblokir pihak Whatsapp dan tidak dapat menggunakan Whatsapp lagi.

Solusinya adalah, gunakan satu applikasi untuk satu nomor Whastapp, lakukan verifikasi nomor. Dan selesai.

Kita bisa menggunakan Whatsapp nomor yang sama di dua perangkat hanya apabila menggunakan whatsapp web.

Hanya sekian dulu, jika ada permasalahan yang belum teratasi dan belum mengerti, tinggalkan komentar.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Cara mudah mengatasi Whatsapp tidak bisa dibuka"