Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya! Jangan cabut baterai saat HP hang! Ini solusinya.

Hang merupakan kondisi kala hp menjadi macet, tak bisa lagi dioperasikan, tetapi layar tetap hidup. Kondisi ini bisa berlangsung lama, kadang restart dengan sendirinya, namun bisa berlangsung sangat lama sampai baterai habis.

Hang bisa terjadi apabila handphone digunakan untuk aktivitas di luar kemampuan kapasitar RAM dan penyimpanan yang tersedia. Oleh karena itu, aktivitas hp yang digunakan tidak boleh melebihi batas kapasitas spesifikasi hp, apabila itu terjadi hp akan lag/hang.

HP Hang
HP Hang; ilustrasi
Hang kebanyakan membutuhkan waktu lama untuk kembali normal, terkadang satu-satunya cara yaitu dengan melakukan start ulang. Lantas bagaimana bisa melakukan restart, sementara tombol power tidak berfungsi pada saat hang? Biasanya kita langsung mencabut baterai ponsel sebagai cara cepatnya.

Tapi tahukah Anda, mencabut baterai saat hp hang itu berbahaya? Pada saat hp hang, sebenarnya hp dalam tahap berusaha meyelesaikan aktifitas yang diperlukan user/pengguna. Jika baterai tiba-tiba dicabut, artinya proses dihentikan di tengah jalan, dan hp tidak memiliki kesempatan untuk menutup applikasi yang sedang berjalan/proses penyelesaian tugas tersebut dengan baik, sehingga akan menyebabkan kesalahan.

Dampak paling buruk jika Anda mencabut baterai hp saat hang akan menyebabkan Operasi Sistem HP Anda terhapus. Akibatnya, ketika hp dinyalakan hanya tampil logo dan gagal booting. Kasus ini berbeda dengan bootlop, di mana hanya terjebak animasi booting. Kasus bootlop dapat diatasi dengan cara reset hp / setel ulang ke pengaturan pabrik, atau dengan format factory dengan cara menekan kombinasi tombol (tiap ponsel kombinasi tombol berbeda-beda).

Dalam keadaan hp (smartphone) Anda tidak memiliki/terinstal Operasi System (OS), maka tidak akan pernah bisa booting. Jika dinyalakan hanya mentok pada logo/merek ponsel yang digunakan. Kasus ini mirip dengan kerusakan komponen IC pada smartphone merek Oppo dan sejenisnya.

Dalam keadaan seperti itu, satu-satunya cara agar hp bisa kembali normal adalah hanya dengan flash ulang, atau jika support instal OS dari smartphone bisa lakukan instal OS melalui TWRP atau CMW.

Untuk membuka TWRP (Team Win Recovery Projeck) maupun CWM (ClockWorkMod) harus melalui kombinasi tombol. Namun bagaimana jika tombol Anda sebagian ada yang rusak, tentu Anda tak dapat melakukan ini sebelum memperbaiki tombol tersebut.

Karenanya, saya sarankan jangan mencabut baterai saat hp hang. Lalu bagaimana solusinya ketika hp hang? Anda tak perlu bingung , Anda hanya perlu menekan tombol Power/on-off lebih lama. Tekan tombol Power dan jangan lepas sampai layar mati dan restart dengan sendirinya. Cara ini lebih aman daripada mencabut baterai. Karena dengan cara ini akan memberi kesempatan pada hp Anda untuk menutup applikasi secara baik sebelum HP Anda mati dan start ulang.

Intinya, gunakan hp Anda secara wajar, dan lakukan perawatan dengan cara tidak menginstal applkkadi secara berlebihan, lakukan penghapus cache dan file data sampah dengan baik. Apabila tanpa sengaja terpaksa bikin hang, lakukan sebagaimana solusi di atas dengan cara menekan tombol power lebih lama sampai hp restart dengan sendirinya.

Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Bahaya! Jangan cabut baterai saat HP hang! Ini solusinya."