Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat saklar karaoke pada amplifier

Apakah Anda suka karaokean nyetel music sambil nyanyi-nyanyi? Memutar music untuk karaokean, Anda memerlukan music tanpa vokal atau channel audio berada pada channel L. Menghidupkan channel L saja tentu akan mengurangi volume music Amplifier Anda karena channel R tidak nyala. Nah, agar semua channel R dan L audio sama² menyala, maka perlu saklar ini, tetapi yang dinyalakan sebenarnya hanya berfokus pada channel L yang dihubungkan kepada dua channel Amplifier.

Jika Anda menggunakan VCD atau DVD Player, maka anda tak perlu repot-repot, karena pada VCD/DVD Player sudah dilengkapi tombol R/L yang dapat mengubah channel yang akan digunakan. Namun jika Anda menggunakan HP dan MP3 Player sebagai line input Audio, maka tentu penambahan tombol karaoke ini sangat penting. Apalagi Anda masih menggunakan player kaset pita sisa jaman dulu.

Membuat saklar karaoke ini sangat mudah, ingat yah ini saklar bukan tombol, jadi belilah saklar sesuai kebutuhan seperti pada sekema di bawah. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan skema saklar karaoke berikut.

skema saklar karaoke
Skema Saklar Karaoke
Ingat, jangan salah hubung ya. Pastikan kamu sudah mengetahui mana channel R dan L. Saklar ini berfungsi dengan syarat musik yang diputar merupakan music stereo atau support untuk karaoke. Terkadang musik yang kamu dapatkan dari hasil download di internet kebanyakan mono, jadi tidak bisa pindah channel R dan L. Ciri-ciri musik stereo biasanya merupakan musik yang direkam dari dapur rekaman. Sedangkan rekaman dari panggung kebanyakan adalah mono.

Saklar karaoke ini bisa diletakkan langsung pada input setelah jack line input rca/xlr atau sebelum Tone Control Ini lebih bagus untuk power amplifier mono. Untuk power amplifier stereo bisa diletakkan sebelum atau sesudah tone control disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Saklar ini sangat mudah didapatkan, gunakan jenis saklar yang disesuaikan dengan box amplifier Anda. Saya sarankan gunakan saklar seperti pada gambar berikut.

saklar toggle
Saklar/Toggle Switch
Harga saklar cukup murah, hanya sekitar Rp2rb sampai 5rb bergantung kualitas. Rangkaian ini mungkin akan mengubah frequensi signal audio Anda karena ada penambahan resistor yang biasanya akan menyebabkan suara lebih ke 'Low', namun ini tidak jelas nampak kecuali Anda punya pendengaran yang peka.

Baiklah, mungkin itu saja dulu untuk hari ini. Semoga ilmu ini bermanfaat, dan jangan lupa berbagi.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Membuat saklar karaoke pada amplifier"