Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah smartphone Anda dari pesan 'Penyimpanan tidak Cukup'

Saya begitu heran dengan teman-teman pemilik hp super canggih yang sudah disediakan RAM dan memori internal lebih 2GB selalu ngeluh memori penyimpanan tidak cukup. Apa aja sih yang mereka install? Saya lihat yang diinstall tak juga banyak, tak ada game dan applikasi-applikasi besar yang memakan banyak penyimpanan dan RAM. Bahkan hp mereka sudah dari bawaan pabrik disertai applikasi akselator dan cleaner untuk membersihkan file-file sampah.

smartphone
Smartphone
Akhirnya, saya pun beraksi menganalisis apa masalahnya. Diantara sebab-sebab masalah yang sering dialami antara lain sebagai berikut.

1. Menyimpan file foto, video, dan apk di memori internal

Menyimpan file foto dan video di memori internal secara perlahan manghabiskan ruang-ruang di memori internal smartphone Anda. Anda bisa saja sadar atau tidak melalukan ini, karena pada sebagian applikasi memang tidak dapat melakukan penyimpanan ke memori eksternal seperti Whatsapp, dsb. Ada pula applikasi yang dapat menyimpan file ke memori eksternal, tetapi Anda tak tau cara mengaturnya, seperti Bluetooth, Camera, ShareIt, dsb.

Menggunakan smartphone tentu tak boleh sama dg penggunaan ponsel biasa yang cuma bisa sms dan nelpon. Ada banyak pengaturan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contohnya pengaturan Camera agar dapat otomatis menyimpan foto ke dalam memori eksternal, tetapi hal ini akan beresiko jika Anda sering gonta-ganti memori eksternal/memoricard.

Cara paling direkomendasikan yaitu memindahkan file-file berukuran besar seperti foto, video, dan file apk (dari hasil backup) ke dalam memori eksternal secara BERKALA. Applikasi yang cukup baik dan nyaman digunakan untuk menganalisis file-file tersebut yaitu ES Penjelajah File. Anda hanya memilih menu analisis kartu sd, maka applikasi akan otomatis melakukan scan pada memori internal maupun eksternal. Anda dapat melihat file-file berukuran besar dan segera pindahkan ke memori eksternal.

Apabila dalam analisis ditemukan file yang tidak dikenal, atau berupa file tak bisa dibuka misal di Folder Android, maka hapus saja file-file dan folder itu, cukup aman.

2. Menginstal applikasi yang mengonsumsi banyak memori

Salah satu penyebab smartphone Anda ketiban 'penyimpanan tidak cukup' yaitu karena menyimpan applikasi yang mengonsumsi banyak memori. Applikasi-applikasi tersbut diantaranya adalah Facebook, Messenger, dsb. Pastikan Anda selalu mengecek/periksa perbandingan kapasitas memori dan applikasi yang telah atau akan diinstal. Saya sarankan untuk tidak menginstal applikasi di atas 50MB ke atas, karena applikasi ini tentu sudah lumayan besar, apalagi applikasi yang memerlukan sambungan internet, kemungkinan  besar smartphone Anda akan menjadi lemot baik seketika maupun perlahan.

Sekedar saran, jika Anda nekat untuk menginstall dan menggunakan applikasi-applikasi tadi, maka rajinlah membersikan cache smartphone Anda, caranya bisa Anda baca di Menghapus data cache Android. Namun dengan konsekuensi akan memakan biaya internet/kuota internet lebih.

Cukup sekian, semoga bermanfaat. Jika belum mengerti bisa diskusikan di kolom komentar.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Mencegah smartphone Anda dari pesan 'Penyimpanan tidak Cukup'"