Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Relay Bergetar Ketika Nyala

Relay merupakan sejenis saklar yang bekerja ketika diberi tegangan. Tegangan yang dibutuhkan tergantung jenis relay, biasanya antara 3-12volt. Relay sering digunakan dalam peralatan elektronik yang memungkinkan untuk bekerja otomatis seperti stavol, pengunci pintu, dsb.

Dalam penggunaanya, ketika relay diberi tegangan, terkadang bergetar hebat dan tentunya dapat menyebabkan relay menjadi cepat rusak. Saya pun pernah mengalaminya ketika membuat rangkaian pengunci pintu dengan sandi. Ketika relay menyala, timbul getaran hebat di dalam relay. Hal itu membuat saya bingung, beberapa hal yang dilakukan seperti mengatur besaran tegangan dan arus sudah dilakukan, tetapi tidak membuahkan hasil.

relay
Relay
Saya berkeyakinan hal tersebut disebabkan oleh tegangan yang tak stabil, atau tegangan yang disupplay ke relay merupakan arus ac atau mungkin tidak stabil. Akhirnya saya pun hanya memakai teori anggap-menganggap kira-mengira. Saya coba pakai diode yang diparalel ke relay, dan hasilnya tetap saja relay bergetar hebat.

Saya semakin bingung, wah ini masalah kok kayaknya serius juga ya. Masak cuma gara-gara relay bergetar saja sudah bikin saya pusing tujuh keliling. Akhirnya saya coba untuk keliling rumah tujuh kali. Ya sekedar cari udara segar dan menenangkan pikiran. Mencoba berpikir dan cari solusi.

Tak hanya itu saya juga mencoba buka facebook dan bertanya pada komunitas temen-temen teknisi, alhasil saran mereka sudah saya pernah saya coba sebelumnya.

Mumet sudah pikiran saya, sudah pekerjaan gak kunjung selesai, malah "bebeb" saya ngambek karena kelamaan ditinggal. Ya maklum lah kan cewek butuh dimanja-manja diperhatiin gitu. Bener-bener bikin pusing dah sampe emosi segala hanya gara-gara di relay ini.

Akhirnya saya pun coba teliti ulang rangkaian yang saya buat. Eh ternyata saya dapatkan suatu hal yang saya kira kurang di rangkaian itu. Akhirnya saya mencoba memparalel relay dengan elco 470uf/16volt. Alhasil benar dan berhasil, relay menjadi normal dan tak bergetar lagi.

Terkadang kita hanya kurang teliti dan menyepelehkan hal yang sepeleh, padahal hal itu yang kadang bisa menebabkan masalah bikin pusing mumet di kepala. So, biasakan untuk teliti dan tidak ceroboh ya sobat, karena elektro butuh kejelian dan ketelitian, salah solder dikit aja bisa doorrrrrr rangkaian yang sobat buat.

Cukup sekian semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Relay Bergetar Ketika Nyala"