Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modifikasi mixer 7 potensio manjadi 8 potensio dengan penambahan control gain

Halo sobat pencinta audio sound system. Perbincangan kali ini akan membahas masalah mixer. Apakah Anda sudah tau mixer? Yang dimaksud mixer di sini bukan mixer pengaduk kue itu ya.. hehe.. Tapi ini adalah mixer untuk pencampur suara pada amplifier.

Mixer pada dasarnya merupakan alat pencampur jika melihat dari asal-usul katanya. Dan benar, mixer dapat mencampur berbagai jenis suara menjadi satu padu. Misalkan ada suara gitar bass, melodi, gendang, dsb, dicampur menjadi satu dalam satu amplifier atau lebih.

mixer
Mixer
Seperti yang kita tau, kit mixer rakitan di pasaran mempunyai berbagai jenis dan model, ada yang 6 Pot, 7, 8, dan jenis lainnya. Kali ini yang akan kita bahas adalah memodifikasi mixer 7 potensio menjadi 8 potensio. Umumnya harga mixer 7 potensio lebih murah, tapi kadang karena ketersediaan stock mixer 8 potensio di toko elektronik yang Anda kunjungi, maka tentu anda boleh membeli yang 7 potensio tetapi dimodifikasi menjadi 8 potensio.

Mixer 7 potensio tidak dilengkapi control GAIN. Control gain ini sangat berguna dalam mengatur ketajaman suara, mengurangi noise dan menambah volume suara. Sebenarnya pada tiap² ic op amp dan transistor pada amplifier pasti ada Gain-nya. GAIN kebanyakan langsung dipasang dengan resistor, hal ini berarti gain yang dihasilkan tak bisa diubah.

Berbeda jika GAIN dipasang dengan Variable Resistor(VR) atau potensio maka besaran GAIN bisa diatur. Untuk memberikan control Gain pada Mixer 7 Potensio caranya cukup mudah dg memperhatikan penjelasan berikut.
  1. Mula-mula Anda harus mencari line input mixer, nah di sana ada ic op amp paling deket/tersambung ke line input (biasanya ic 741). 
  2. Setelah Anda menemukan IC ini, carilah resistor 100K, biasanya bersambung ke kaki IC 741 nomor 2 dan 6. 
  3. Jika resistor 100K sudah ditemukan, cabut resistor dan ganti dengan Potensio 100k, kaki 1 untuk pin IC nomor 6 dan kaki 2&3 digabung dan dihubungkan ke pin 2.  Lalu pasang seri resistor pada kaki 6. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut.
skema gain
Skema Gain
Tujuan penambahan resistor 1K adalah jika potensio Gain berada pada posisi 0, maka suara tetep ada terdengar, sehingga Gain tidak meredam suara secara penuh.

Setelah selesai mengikuti langkah-langkah di atas, silahkan cek hidupkan mixer yang Anda modifikasi tadi. Bagaimana hasilnya? Berhasilkah? Jika belum paham bisa diskusikan di kolom komentar.

Sampai di sini dulu, jangan lupa berbagi.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Modifikasi mixer 7 potensio manjadi 8 potensio dengan penambahan control gain"