Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modifikasi Parametrik menjadi Crossover Aktif 3 Way, Hight, Mid, dan Low.

Diantara aksesoris (acc) audio sound system yang cukup penting yaitu Parametrik. Parametrik berfungsi sama dengan equalizer dan tone control yaitu untuk mengatur frequensi, tetapi parametrik lebih bagus suara yang dihasilkan dan pengaturannya lebih komplit.

Parametrik menggunakan ic op amp tersendiri pada control hight, mid dan bass, sehingga lebih mirip dengan crossover namun suara tetap dicampur pada bagian output. Bagian output parametrik hanya terdiri dari satu jack atau dua jack untuk stereo per mono.

Nah, kali ini akan saya jelaskan cara modifikasi parametrik menjadi crossover aktif 3 way. Caranya cukup mudah, hanya memutus beberapa jalur output. Lebih jelasnya bisa melihat perbandingan gambar berikut.
Skema Prametrik
Skema Prametrik
Telitilah jalur ouput pada paramterik, sebelum level volume pada bagian output, ada penggabungan output dari beberapa IC. Putus jalur tersebut dan hubungkan pada jack output misalkan jack rca, xlr, dsb.
Skema Prametrik
Modivikasi parametrik ke crossover 3 way
Kamu juga bisa memberikan saklar sebagai pengubah antara crossover dan parametrik, suatu saat kamu butuh parametrik kamu dapat menonaktifkan saklar pengubah pada crossover.

Jadi patametrik kamu akan memiliki dua funsi, fungsi parametrik sendiri dan fungsi crossover dengan mengubah saklar, sebagaimana gambar berikut.
vSkema Prametrik
Penamahan saklar
Selamat mencoba semoga berhasil, apabila gagal dan belum paham silahkan corat-coret di komentar. Saya sudah mempraktekkannya, dan hasilnya memuaskan bisa gonta ganti antara crossover dan parametrik.

Apakah menurutmu artikel ini bermanfaat? Bagikan segera di sosial mediamu.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

4 komentar untuk "Modifikasi Parametrik menjadi Crossover Aktif 3 Way, Hight, Mid, dan Low."

  1. Saya udah coba, tapi ada bunyi dengung ny mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dengung yang bagian mana mas? yang hight, mid atau low? atay semua?

      Hapus
  2. Parametrik belt suara kecil dan serak mas...mohon solusi nya
    ...potensio banyak yg gak pungsi, hanya trebel yg berfunngsi..dan balance saja...padahal baru beli

    BalasHapus