Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cepat dan mudah menghapus situs atau blog dari index Google

Kalau temen-temen yang lain bikin tutorial cara agar blog cepat terindex google, nah kali ini saya justru malah akan memberikan tutorial agar blog terhapus dari index google.

Emangnya untuk apa? Ada banyak alasan mengapa kita harus membuat suatu blog tidak terindex google. Berikut beberapa alasan yang mungkin bisa jadi alasan.

Pertama, blog atau halaman web bersifat pribadi dan hanya orang tertentu yang diberikan link/url yang bisa mengakses. Entah apakah berisi halaman/page penjelasan, halaman login admin, halaman download konten terbatas dan lain sebagainya.

Kedua, terjadi duplikat konten blog. Apabila anda baru saja mengganti domain blog, tentu domain lama Anda akan tetap terindex google, walaupun dalam waktu lama domain blog Anda yang lama akan semakin menghilang dengan sendirinya dari Google. Tapi bagi Anda yang hendak mendaftarkannya ke Adssense, tentu ini tidak baik dan akan berpotensi ditolak oleh Adsense.

Okeh karena itu, kita perlu menghapus domain dari situs itu agar tidak lagi terindex Google.

Bagaimana caranya? Caranya mudah-mudah gampang, butuh kesabaran dan ketelitian.

1. Melalui pengaturan blogger

Menghapus index google suatu blog dapat diatur dari pengaturan yang di sediakan oleh blogger, jika blog Anda dihosting di blogger. Cara mengaturnya, silahkan masuk ke Blogger, pilih "Setelan" lalu pilih "Dasar". Pilih pada bagian "Terdaftar di Blogger. Dapat diakses mesin telusur", lalu pilih "Edit" di samping kanannya.

blogger
Pilih Tidak pada bagian ini
Tambahkan blog Anda ke cantuman kami?
Pilih>> Tidak
Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda?
Pilih>> Tidak

Terakhir, pilih "Simpan perubahan".

Cara ini hanya berlaku untuk pengguna yang hosting di blogger. Untuk pengguna wordpress bisa melakukan pengaturan pada plugin seo yang terpasang.

2. Melalui Google webmaster/Search Console

Mengahpus blog dari index google bisa melalui menu di search console. Hingga artikel ini dibuat, untuk melakukan penghapusan laman dari index google harus melalui Search Console versi lama, sebab versi haru yang beberapa bulan ini diluncurkan belum menyediakan fitur itu.

Search Console
Search Console
Pertama-tama buka search consule versi lama, pilih Goggle Index, pilih Remove URLs, pilih Temporarily hide. Pada kolom "Enter the URL on your site that you'd like to hide (case-sensitive)," masukkan tanda garis miris (/) seperti gambar berikut.

Search Console
Search Console
Setelah itu pilih Continue atau Lanjut. Pada laman berikutnya pilih menu dropdown "Clear cache and temporarily hide all URLs beginning with..." lalu pilih "Submit request".

Search Console
Search Console
Menggunakan cara ini Anda butuh kesabaran, tapi hasilnya cukup memusaskan, dalam waktu 24 jam, blog/laman Anda akan segera terhapus dari index google. Anda bisa mengecek di pencarian  Google dengan kata kunci "site:namabloganda" contoh: site:www.samsul.xyz .

3. Melalui Robots.txt khusus dan Tag tajuk robot khusus

Menghapus situs dari index Google juga dapat dilakukan dengan menggunakan robots.txt khusus dan tag tajuk robot khusus. Caranya tinggal masuk Dashboard Blogger, pilih "Setelan", pilih "Prefensi penelusuran". Pada bagian Perayap dan pengindeksan pilih Edit pada "robot.txt khusus" isikan dengan kode berikut.
User-agent: *
Disallow:/ 
Sitemap: http://domainAnda/sitemap.xml
Pilih "Simpan perubahan".

Sedangkan pada bagian "Tag tajuk robot khusus", pilih Edit pada sisi samping kanannya, centang pada bagian "all" pada Beranda, Halaman arsip dan penelusuran, serta Default untuk postingan dan halaman, atau bisa centang semuanya. Terakhir pilih "Simpan perubahan".

Tag rajuk robot khusus
Tag rajuk robot khusus
Demikian cara menghapus sebuah situs atau domain dari index Google. Apabila semua cara di atas Anda lakukan semuanya, dalam hitungan jam, situs Anda sudah tidak lagi muncul di Google. Selamat mencoba! Semoga Sukses.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Cara cepat dan mudah menghapus situs atau blog dari index Google"