Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memperbaiki power bank yang rusak dengan cepat dan mudah

Memperbaiki power bank yang rusak. Power bank, atau lain istilahnya adalah Potable Battery sangat bermanfaat bagi kita apabila sumber tegangan listrik PLN sedang mati, atau lagi di perjalanan. Power Bank bermacam-macam bentuk dan harganya, kapasitasnya pun berbeda-beda. Power bank dirangkai dari sebuah baterai 3.7 volt (sama dengan tegangan baterai hp) yang kemudian masuk pada inverter 5volt, sama dengan tegangan USB pada umumnya.

power bank
Power Bank
Power bank kadang tidak sesuai kapasitasnya dengan yang tertera di casing-nya, di casingnya tertera 10.000 mAh, kenyataannya buat ngecas HP satu kali aja udah habis. Mestinya kapasitas segitu, Power Bank dapat mengecas hingga 3-4 kali pengisian.
Baca: Cara menghitung kapasitas power bank.

Baik power bank asli maupun abal-abal, setelah sekian lama pemakaian pasti akan mengalami penurunan kapasitas atau bahkan rusak dan mati. Nah, kalau sudah rusak jangan langsung masukin ke tong sampah ya Ges, saya akan berbagi tips dan cara memperbaiki power bank gang rusak.

Memperbaiki power bank yang rusak bisa dibilang susah-susah gampang, susah bagi Anda yang tidak punya dasar elektronika dan gampang bagi Anda yang sudah teknisi. Memperbaiki power bank yang rusak, melalui tahapan-tahapan berikut.

Bongkar casing power bank

Pertama-tama bongkar dulu casingnya, sebab kalau tidak dibongkar bagaimana cara memperbaikinya. Membongkar casing power bank ada yang sulit ada yang susah, ada yang pake skrup/peces/paku ulir, dan ada yang tidak, cukup mencongkel bagian-bagian tertentu.

Saya kira tak perlu saya panjang lebar menjelaskan cara membuka casing, Anda pasti bisa membuka casing tanpa panduan. Cuma saran, kalau casing di lem, gunakan minyak kayu putih (lebih hemat) pada bagian yang di lem.

Cak tegangan baterai

Tegangan baterai power bank 3.7 volt. Ingat, tegangan baterai ya bukan tegangan out pun untuk dicolokin ke HP. Untuk mengukur tegangan baterai Anda harus memakai Avometer baik analog atau digital.

Jika tegangan baterai drop atau malah gak ada tegangan sama sekali, maka permasalahan ini ada pada baterainya. Kamu bisa mengganti baterai dengan baterai HP atau bekas baterai laptop. Agar kapasitas power bank tetap seperti semula pastikan melihat nilai Ampere yang tertera pada baterai, jika power bank sebelumnya berkapasitas 10.000 mAh, maka jika tiap baterai hanya 1000 mAh atau 1Ampere, maka baterai hrus di paralel sebanyak 10 buah. Semakin banyak baterai di paralel, maka semakin besar daya kapasitas power bank Anda.u

Setelah dilakukan penggantian baterai, selanjutnya cek tegangan output, ingat tegangan ouput ya, pada jalur port USB itu loh jalur yang nyambung ke HP. Apabila tegangan 5Volt, selamat power bank Anda sudah hidup kembali. Apabila tidak ada tegangan, maka dapat dipastikan rangkaian inverter juga sudah rusak.

Jika dalam pengecekan baterai, ternyata baik-baik sayang (saja) tegangan baterai 3.7 volt, berarti kerusakan ada pada inverter.

Ingat, memperbaiki power bank yang rusak harus sabar loh ya, biar hasilnya maksimal. Oke ke langkah berikutnya..

Cek tegangan ouput power bank

Tegangan ouput di sini, Anda perlu mengecek tegangan pada jalur post USB. Lihat tegangan pada avometer, apakah tegangan 5volt atau kurang dari 5 volt? Jika tegangan kurang dari 5 volt atau lebih dari 5volt, power bank Anda tentu tidak dapat untuk charging. Jika langkah diatas sudah dilalui dan sampai ke langkah ini tegangan out bukan 5 volt, maka kerusakan ada pada rangkaian inverter tersebut.

Prinsip rangkaian inverter pada power bank, untuk menaikkan tegangan dari 3.7 volt menjadi 5 volt. Untuk memperbaiki inverter, Anda harus melakukan pengecekan jalur-jalur barangkali hanya ada yang putus. Jika ada hang putus, maka tinggal disambung lagi.

Jika tidak ada jalur putus, cek komponen menggunakan ESR, cek pada elco, dioda dan IC. Biasanya IC kadang sudah lemah, dan selama ini di pasaran masih jarang jualan IC itu. Maka solusinya Anda mencari bekas-bekas power bank lain, cari rangkaian inverternya yang masih bagus lalu gantikan.

Kebanyakan kerusakan power bank ada pada kabel putus di dalam.

Jika semua pengecekan di atas sudah dilalui, tapi power bank dalam kondisi baik, maka perlu Anda cek kabel data yang Anda gunakan, biasanya kabel yang menghubungkan power bank ke ponsel putus di dalam. Putus di dalam memang sudah melihatnya dibagian mana yang putus. Karena itu gunakan avometer, dan cek dengan teliti.

Baiklah, saya itu tips dan tutorial dari saya tentang cara memperbaiki power bank yang rusak. Semoga bermanfaat. Jika belum paham silahkan berkomentar.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

2 komentar untuk "Cara memperbaiki power bank yang rusak dengan cepat dan mudah"