Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat cas / charger baterai dengan lampu led indikator penuh menggunakan charger HP

Kali ini saya akan berbagi cara membuat casan (charger) baterai dengan lampu indikator penuh tanpa menggunakan ic tambahan. Cukup dengan memodifikasi pada charger hp. Jadi di sini saya sarankan sobat punya charger hp jenis apa saja, yang penting pada charger tersebut ada sebuah komponen ic dg seri 817. Ic ini berbentuk persegi panjang dan berkaki empat. Dua kaki di primer dan dua kakinya lagi pada sekunder.

Jika sobat sudah ada charger hp yang dibutuhkan sebagaimana dijelaskan sebelumnya, maka langkah berikutnya membongkar casing charger tersebut. Hati-hati membukanya, pastikan sudah lepas dari colokan stop kontak PLN.

Seteleh charger terbongkar, sekarang siapkan komponen tambahan yang dibutuhkan yakni berupa resistor dan led tambahan. Jika pada charger tersebut sudah ada LED indikatornya, maka sekarang hanya menambah LED indikator penuh dengan LED berwarna hijau, atau lebih bagusnya menggunakan led kaki tiga dengan warna merah dan hijau. Perhatikan gambar.

LED
Led
Lanjut pada bagian memodifikasi jalur pada pcb charger, lakukan modifikasi seperti pada gambar skema berikut.

Led charger indicator
LED Charger Indicator
Komponen tambahan yang dibutuhkan yaitu sebagai berikut.
1. Resistor 0.85
2. Resistor 1K Sebanyak 2buah
3. Led hijau.

Setelah modifikasi selesai, cek kembali jalur dan komponen yang anda rangkai tadi. Pastikan semuanya benar. Kalau sudah dipastikan tidak ada kesalahan, pasang kembali casing charger dan colokkan pada stop kontak PLN.

Ketika dicolokkan pada stop kontak PLN, led yang hidup berwarna hijau. Ketika dihubungkan dengan baterai maka led hidup berganti merah, itu tandanya sedang mengisi baterai. Ketika baterai penuh maka led berganti berwarna hijau.

Bagaimana sobat? Berhasil kah? Jika tidak berhasil silahkan cek kembali jalur dan solderannya, khawatir ada yang salah, short dsb.

Rangkaian ini sudah tested/sudah dites dan hasilnya seperti yang kita harapkan. Indikator led berganti hijau jika penuh atau tidak mengisi.

Oke sobat, sekian dulu. Jika belum mengerti bisa diskusi di kolom komentar. Jangan lupa berbagi.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

2 komentar untuk "Membuat cas / charger baterai dengan lampu led indikator penuh menggunakan charger HP"

  1. Mau tanya master, itu resisto ukuran 0.85 ohm misalkan diganti ukuran lain bisa nggak master? & kalau bisa tolang kasih tau ukuran ganti yg cocok..!!!
    Terimakasih master..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, ambil angka terdekat bisa diatasnya atau di bawahnya.. bisa disesuaikan sendiri. Tapi jangan terlLu jauh beda angkanya. Atau lakukan trik seri paralel resistor untuk mendapat nilai r yang diinginkan

      Hapus