Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Saklar Mute dengan Led Indikator pada Mixer/Amplifier

Saklar mute pada amplifier sangat berguna, apalagi pada mixer. Saklar mute yang keren bisa disertai lampu led inkator, apakah sedang mute atau tidak. Sebab jika tidak ada indikator kita malah pusing, putar sana putar sini, atau bahkan sampai bongkar box, malah ternyata penyebabnya hanya saklar mute lagi ON. Jadi jengkel kan?

Nah sekarang saatnya, saklar mute Anda bisa diberikan indikator led, dan caranya cukup gampang, tidak perlu menambah banyak komponen. Cukup dengan satu led dan satu resistor saja. Tiggal pasang deket saklar atau di mana terserah Anda, led akan menyala jika saklar mute sedang OFF sehingga music atau suara akan terdengar tinggal mengatur di potensio control. Sedangkan apabila mute aktif, led akan mati pertanda tidak akan ada suara.

Bagaimana caranya? Cukup mudah, saya sudah menyiapkan skemanya di bawah ini.

saklar mute led indikator
Skema saklar mute + led indikator
Anda bisa menggunakan jenis saklar apa saja seperti saklar toggle dan sejenisnya. Yang penting saklar minimal harus ada tiga kaki. Seperti gambar di bawah ini.

togle switch
Saklar
Ingat, jangan sampai salah rangkaian dan komponennya. Saklar mute ini sudah bertahun² saya gunakan dan sangat membantu saya dalam memberikan pentunjuk suara aktif atau tidak. Saya juga menerapkannya pada amplifier dan mixer milik user.

Awal mula saya menemukan ide membuat saklar dengan indikator led ini, karena pada suatu ketika saya sedang servis mixer rakitan saya di sediri di rumah teman, kebetulan mixer punya teman saya, sayalah yang merakit.

Mixer katanya mati, lama otak-atik sampai dibongkar box tetap gak bisa ada suara keluar. Dan ternyata penyebabnya hanyalah tombol mute yang aktif. Ya ampuuunn, bikin sampe keringetan cari apa sebabnya, tak taunya hanya tombol mute saja, ya maklum lah kan saya masih amatiran. Hehe..

Oke sekian saja gang bisa saya berikan kali ini semoga bermanfaat, jika ada kendala bisa tinggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba, dan ingat harus sabar dan teliti dalam dunia elektro, salah sedikit saja bisa fatal akibatnya. Tetap semangat dan jangan lupa berbagi.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Membuat Saklar Mute dengan Led Indikator pada Mixer/Amplifier"