Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Layar HP Berkedip lalu Mati, tetapi HP Normal Menerima Panggilan Masuk, Gejala IC Light

Apabila Anda punya permasalahan layar HP berkedip-kedip kemudian layar menjadi mati blank hitam, tapi sebenarnya hp masih hidup, dibuktikan bisa menerima panggilan telpon dengan baik? Anda tepat, di laman ini saya akan berbagi pengalaman tentang HP yang layar hp blank hitam namun dapat merima telpon.

HP yang akan saya bahas adalah HP merek Samsung GT-E1080, untuk HP merek dan model lainnya kemungkinan ada kesamaan, tapi alangkah baiknya mari simak perjalanan pengalaman saya memperbaiki HP dengan permasalahan seperti tersebut.

Samsung GT-E1080
Awalnya, HP Samsung GT-E1080 ini lcd led-nya kedip-kedip, lama kelamaan jadi mati layar blank hitam. Setelah saya cek pada led LCD menggunakan Multirester led nyala. Saya curiga ada sambungan yang putus atau permasalahan kecil lainnya. Saya cukup lega karena yabg rusak bukan LCDnya.

Pemeriksaan berlanjut. Saya lihat dam teliti jalur LED nya, ternyata berujung pada sebuah IC kaki 6. Saya cek dan beri suplai pakai Multitester Skala 1 Ohm, yess... led LCD hidup.

Lalu saya cek ground LED tidak nyambung ke ground lainnya, saya pun curiga ini sebabnya. Lalu saya jumper kaki - led ke ground langsung. Dan.... Yesssss.. HP nyala dan layar hidup terang tidak kedip-kedip lagi. Alhamdulillah akhirnya selesai juga tanpa ganti sparepart.

Namun, permasalahan kemudian muncul. Ternyata saat layar dalam lamunan/harusnya mati. Ternyata led lcd tetap hidup, bahkan hidup terus, kecuali HP dinonaktifkan. Laahh... pusing lagi dah.

Saya kekudian upload foto HP itu dan tanya ke salah satu group teknisi di Facebook. Alhasil setelah satu jam menunggu gak ada yang respon. Saya coba akali sendiri dan coba-coba. Saya cari di google, ada sih yang memberikan skema untuk jumper IC Light ini, tapi bingung karena gak ada penjelasannya.

Saya memutuskan untuk mencoba menjumper ground led ke bagian BSE baterai. Itu loh, pada baterai HP kan ada 3 phase, selain + dan -, biasanya ada di tengah itu. Perhatikan gambar berikut.

Lepas jumper hijau, jumper mengikuti petunjuk warna biru.
Setelah saya jumper, saya coba pasang baterai, saya coba hidupkan. Dan taraaaa, yessss HP hidup, led lcd juga hidup. Layar jadi cling dan led tidak kedip kedip lagi. Bahkan ketika layar melamun, LED ikut mati. Alhasil cara yang terlahir ini menjadikan HP ini normal kembali.

Oke, sekian dulu pengalaman saya memperbaiki HP Samsung GT-E1080. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi.

Update:
Setelah beberapa hari pemakaian, permasalahan muncul tidak bisa dicas/charge dan HP sering mati. Ternyata penyebabnya adalah BSE Baterai tidak cocok, karena saya memang menggunakan baterai lain bukan tipe yang sesuai dengan Samsung GT-E1080. Akhirnya saya lepas kabel jumper tadi, dan ganti baterai dengan yang original. Dan ya, alhasil lcd tidak kedip-kedip lagi.

Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Layar HP Berkedip lalu Mati, tetapi HP Normal Menerima Panggilan Masuk, Gejala IC Light"