Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengganti Stop Lamp/Lampu belakang New Vixion Lightning (NVL) dengan LED

Mengganti Stop Lamp/Lampu belakang New Vixion Lightning dengan LED tentu tidak dapat dilakukan dengan langsung mengganti lampu bawaan dengan LED. Jika langsung diganti, dapat dipastikan lampu tidak akan hidup, biasanya hanya Lampu Rem/Stop Lamp saja yang hidup. Sedangkan lampu senja/kota tidak akan hidup.

Hal itu terjadi karena lampu senja belakang menggunakan arus AC, sedangkan Lampu Rem menggunakan arus DC yang bersumber dari AKI. LED akan bekerja normal jika disuplay dengan tegangan DC, sebab apabila disuplai dengan tegangan AC maka komponen di dalamnya akan cepat rusak. Akibatnya lampu akan mati, atau paling tidak rangkaian sebelum LED akan rusak.

Lampu belakang NVL
Lampu belakang NVL
Oleh karena itu, perlu dilakukan modifikasi pada jalur kabel pada bagian yang tersambung ke lampu senja belakang. Caranya pun cukup mudah. Karena LED membutuhkan arus DC maka kita cukup mengubah suplay lampu senja belakang yang awalnya arus AC kepada arus DC.

Alat yang perlu dipersiapkan yaitu:
1. Kabel +-30cm, sebagai jumper.
2. Gunting atau Pisau/cutter, untuk memotong kabel.
3. Korekabel, untuk mengelupas ujung kabel.
4. Obeng untuk melepas soket.

Pertama-tama buka penutup lampu belakang NVL, cabut lampu beserta konektor/fiting dengan cara memutar melawan arah jarum. Setelah terlepas, lepas juga soketnya.

Perhatikan ketiga kabel yang ke lampu belakang, ada tiga warna kabel. Hitam sebagai Ground, Biru sebagai Lampu senja belakang, dan Kuning sebagai lampu rem.

Yang perlu kamu modifikasi hanyalah kabel warna biru, sedang warna kuning/rem tidak perlu dimodifikasi karena udah berupa arus DC.

Selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan adalah memotong kabel warna biru sebelum ke socket. Selanjutnya perlu melakukan jumper dari dari kabel arus DC pada Flasher, karena jarak terdekat hanyalah lewat flasher. Lakukan Jumper pada kabel flasher berwarna coklat, kabel ini berdempet 2.

Lebih jelasnya lihat skema berikut.
Skema Lampu Belakang NVL LED
Skema Lampu Belakang NVL LED

Ingat, penyambungan kabel dari flasher ke kabel biru harus pada kabel biru yang terhubung ke lampu setelah di potong, dan jangan sambung kabel yang sebelum dipotong karena teraliri arus AC yang lumayan besar.

Setelah kabel jumper sudah dipasang dengan baik, jangan lupa kabel dibungkus dengan isolasi, karena itu kabel muatan positif, dan cukup berbahaya. Berbeda dengan kabel ground akan aman walaupun tidak dibalut isolasi.

Setelah diisolasi, maka pasang kembali soket dan pasang LED lampu belakang. Coba tes dengan menyalakan speda motor, tidak perlu menyalakan mesin juga tidak apa-apa. Mestinya lampu rem dan lampu stanby akan hidup.

Jika terjadi masalah, misalkan lampu tidak nyala atau tidak normal. Pastikan penyambungan benar. Jangan sampai salah menyambung, karena cukup berbahaya apalagi mesin sudah dinyalakan. Kerusakan akan mengimbas pada komponen lainnya.

Lakukan pengukuran tegangan pada saat mesin dihidupkan, khawatir terjadi kerusakan pada kiprok. Sebab apabila terjadi kerusakan pada kiprok, maka tegangan tidak normal, naik turun, dan bisa terlalu tinggi yang akan menyebabkan LED menjadi rusak.

Lakukan pengecekan dengan cara ngegas atau menaikkan kecepatan mesin dan tetap mengukur tegangan, pastingan tegangan berkisar 12-13.5 volt. Jika lebih dari itu berarti Kiprok sudah harus diganti, jika tidak akan menyebabkan kerusakan pada Lampu depan, Lampu belakang, Flasher, bahkan Aki menjadi cepat soak.

Dengan menggunakan cara ini dalam mengganti Lampu Belakang New Vixion Lightning (NVL), maka dijamin LED akan menjadi awet dan tidak cepat rusak.

Cukup sekian dulu tutorial ini, semoga bermanfaat, jika masih ada kendala silahkan corat-coret di kolom komentar.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Cara mengganti Stop Lamp/Lampu belakang New Vixion Lightning (NVL) dengan LED"