Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalibrasi Speedo NVL, Mengatasi Jarum RPM Speedo New Vixion Laghtning (NVL) goyang-goyang dan tidak bisa kembali ke angka 0.

Subelumnya saya akan bercerita terlebih dahulu awal mula permasalahan ini. Pada mulanya seorang user datang dengan membawa permasalahan pada sepeda motor New Vixion Lightning (NVL) dengan kondisi LCD Speedo angkanya tampil samar-samar sebagian alias Sunburn.

Speedo NVL
Speedo NVL
Karena di sini tidak ada yang jual part Polarizer, saya membelikannya lewat Online seharga 20rb. Akhirnya setelah barang datang, saya ganti polarizer LCD Speedo dan hasilnya cling. Namun selang sehari berikutnya keluhan datang lagi, katanya sunburn lagi. Akhirnya saya solder ulang di bagian LCD, hasilnya cling.

Hari berikutnya, si user datang lagi dengan masalah baru. LCD Speedo cling, namun jarum RPM Speedo tidak bisa kembali ke angka 0. Akhirnya saya buka lagi, saya lakukan kalibrasi, dana pasang lagi hasilnya Ok.

Speedo NVL
Speedo NVL Bongkar
Hari berikutnya, user datang lagi dengan kendala jarum RPM Speedo bermasalah lagi dan tidak bisa kembali ke 0. Akhirnya saya bongkar lagi, LCD saya bongkar lagi, karena niat saya mau bongkar gear jarum RPM khawatir bermasalah. Namun ini gagal setelah capek semalam gak tidur karena cara bongkarnya susah, namun gagal karena tertutupi lilitan jarum RPM. Akhirnya saya pasang lagi LCD dan jarum RPM.

Simak video kerusakan jarum Speedo NVL berikut.

Hari berikutnya, user datang lagi, kalau awalnya sunburn atau sebagian angka LCD hilang, nah sekarang malah sebaliknya, bagian angka yang harusnya tidak tampil malah kedip-kedip. Saya resolder lagi bagian LCD, akhirnya cling.

Berikut pada masalah jarum RPM. Saya berikan Suplay 12 Volt melalui Trafo 2 A. Dalam keadaan nyala, saya lakukan pemasangan pada speedo tepat pada angka 0. Dan siiiiinggggg.. jarum RPM kembali normal, tidak goyang-goyang nenang-nendangdan pastinya kembali ke 0, meskipun sudah digunakan lama.

Jadi, ini hanya masalah spele saja. Saya sudah menanyakan ini ke mana-mana, saya tanya pake email ke teknisi ternama juga belum berhasil, saya tanya di group facebook teknisi juga tak membuahkan hasil. Namun ternyata masalahnya hanya pada pemasangan jarum saja.

Jadi, kesimpulannya. Dalam pemasang jarum RPM Speedo NVL, maka pasanglah jarum dalam kearah Speedo hidup/tersuplay. Jika dipasang dalam keadaan mati, maka permasalahan seprti di atas akan muncul kembali.

Dan selesailah permasalahan ini. Setelah beberapa hari user gak balik lagi, saya tanyakan lewat WA ternyata semuanya sudah normal katanya. Dan alhamdulillah, sebagai tuser saya turut senang. Karena kebahagiaan tuser sebenarnya pada keberhasilan ini.

Namun, selang sehari berikutnya. Eh user datang lagi. Lah kenapa lagi nih, pikirku dalam hati. Saya langsung tanya baik-baik ke user kenapa lagi. Ternyata dia mau pasang atau ganti Stop Lamp atau lampu belakang dengan LED.

Baca: Memasang Stop Lamp NVL dengan LED

Yeaah, alhamdulillah kasus masalah Speedo sudah selesai. Dan semoga tidak kambuh lagi. Karena sudah hampir satu Minggu saya memperbaiki kerusakan pada speedo ini. Jujur sih, aku masih pertama kalinya bongkar speedo ini, saya modal nekad aja. Karena saya masih amatiran dan belajar elektronik pun karena hobby dan autodidak.

Karena itu, ini akan menjadi pengalaman dan ilmu baru buat saya ke depannya. Dan buat sobat yang punya kasus sama, silakan bisa corat coret di komentar. Atau barangkali ada yang belum di mengerti, bisa ditanyakan.

Cukup sampai di sini dulu, jadi intinya ini hanya masalah kalibrasi saja. Awalnya saya mengira terjadi kerusakan pada resistor dan capasitor bahkan pada IC Speedo ini, namun ternyata hanya masalah pemasangan saja.

Sekian dan terima kasih.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

3 komentar untuk "Kalibrasi Speedo NVL, Mengatasi Jarum RPM Speedo New Vixion Laghtning (NVL) goyang-goyang dan tidak bisa kembali ke angka 0."

  1. Jadi saat pasang jarum rpm bukan di angka 0 ya bang, pasangnya di bawah arah lcd,, ok makasih ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang ke angka 0 tapi dalam keadaan speedo aktif atau terhubung ke power suplay

      Hapus
  2. Klo spidometer nvl sdh dikasih strum/on nyala tp jarum ga gerak/kalibrasi itu kenapa ya

    BalasHapus