Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Playstore Kesalahan Server

Cukup mengesalkan juga, saat kita lagi butuh buat download applikasi dari Playstore namun tiba-tiba malah terjadi kesalahan server atau server eror.

Playstore
Playstore
Seperti kita tau, playstore merupakan gudang applikasi resmi dari Android. Tanpa Playstore, kita jadi kebingungan buat dapet applikasi-applikasi di Android. Meskipun Android open source, tapi mendapatkan applikasi di luar Playstore butuh kehati-hatian karena seringkali mengalami masalah, seperti applikasi tidak kontapable, masalah keamanan dan privasi, serta sampai masalah serius lainnya.

Playstore Kesalahan Server
Playstore Kesalahan Server
Lantas, bagaimana jika kita hendak mengunduh/mendownload atau hendak memperbaharui applikasi via Playstore, namun malah terjadi kesalahan server atau kadang server eror, dan lain sebagainya. Karena itu, saya akan sedikit akan memberikan beberapa solusi ymdan langkah-langkah agar kamu kembali dapat menggunakan playstore dengan nyaman tanpa kendala. Silahkan simak dan pahami dengan baik.

1. Cek Koneksi Internet

Masalah utama dan paling utama adalah koneksi internet. Periksalah paket data, atau koneksi WiFi di Android kamu. Cara termudah untuk memeriksa koneksi internet, yaitu dengan mencoba membuka peramban/browser atau applikasi internet atau buka Google Search (www.google.com), apakah lancar, halaman bisa terbuka atau tidak.

Memang ada banyak cara untuk memeriksa koneksi internet, baik dengan menggunakan widget penggunaan data, dan sebagainya. Namun paling akurat kamu harus mencoba menggunakannya buat internetan melalui browser, jika bisa membuka halaman web berarti kamu bisa melewati langkah nomor 1 ini.

Jika ternyata tidak bisa buat internetan, maka solusinya kamu harus membeli paket data atau mencari sambungan WiFi, terserah di mana, di warkop atau minta Tethering sama temenmu juga boleh.

Apabila koneksi internet lancar, namun tetap tidak bisa buka playstore maka lanjut pada langkah berikutnya.

2. Reboot/Muat Ulang

Cara kedua yaitu dengan memuat ulang Amdroid kamu. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal menekan tombol power dan pilih menu Reboot atau Muat Ulang, tunggu sampai Android nyala lagi dengan sendirinya. Atau jika pilihan reboot tidak ada di tombol power, maka kamu cukup menonaktifkan Android kamu, lalu setelah nonaktif maka aktifkan kembali dengan menekan tombol power lagi.

Jika langkah ini sudah kamu lakukan, namun setelah membuka Playstore masih tetap kesalahan server, maka lanjut ke langkah berikutnya.

3. Clear Data/Hapus Data

Langkah berikutnya yaitu lakukan Clear Data/Hapus Data pada Applikasi Playstore kamu. Caranya sangat mudah. Cukup masuk ke menu Pengaturan, pilih Applikasi, cari dan pilih Applikasi Playstore, lalu tekan Hapus Data. Biasanya menu di tiap ponsel Android berbeda-beda, silahkan kamu cari sendiri menu Hapus data pada pengaturan Applikasi di Android kamu.

Jika langkah ini sudah dilakukan, namum belum berhasil, maka lanjut ke langkah berikutnya.

4. Update/Perbaharui Applikasi Layanan Google

Kadang kala, penyebab kesalahan server playtore disebabkan Applikasi Play Service atau Google Service atau Layanan Google atau Setelan Google telah ketinggalan jaman. Maka solusinya kamu perlu untuk mengupdate Applikasi ini. Kamu bisa mendownload melalui situs pihak ketiga, atau meminta file apk dari temanmu.

Setelah itu, install applikasi Play Service ini, setelah berhasil diinstall, lakukan pengecekan kembali di Playstore, apakah tetap Kesalahan Server atau tidak. Jika masih saja tetap muncul kesalahan server, maka lanjut ke langkah berikutnya.

5. Factory Reset

Langkah ini dengan cara melakukan reset atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Tentu ini akan menghapus applikasi dan data-data di penyimpanan Android kamu.

Cara melakukan Factory Reset cukup mudah, kamu hanya masuk ke menu Pengaturan, cari menu dengan kata yang senada "kembali ke pengaturan pabrik". Tiap ponsel beda-beda bahasa dan letaknya. Silahkan cari sendiri, pasti ada menu itu, karena setiap ponsel pasti terdapat menu ini.

Kamu juga dapat melakukan Factory Riset melalui CWM atau TWRP denfan cara melakukan kombinasi tombol. Tiap jenis posel berbeda caranya, lebih jelasnya cari tutotial di Google dengan kata kunci "cara factory reset ...(model HP)". Biasanya menggunakan kombinasi Tombol Power dan Tombol Home, atau Tombol Power + Home + Volume atas, dan lain sebagainya.

Jika setelah langkah ino tetap tidak bisa, maka kita lanjut ke langkah berikutnya.

6. Flash

Flash berarti melakukan instal ulang terhadap firmware Android kamu. Bisa dilakukan sendiri dan mencari tutorial di Google sesuai merek dan model HP kamu, namun beresiko jika kamu tidak paham masalah tekbologi. Atau kamu bisa membawanya ke tukang service untuk melakukan flashing Android, cuma biayanya agak mahal sekitar 20rb sampai 50rbuan. Padahal cuma flash doang.

Jika serelah dilakukan flashing ternyata maslah belum teratasi, maka langkah berikutnya adalah LEM BIRU - Lempar Beli yang Baru. Wkwk..

Namun sejauh ini, dengan langkah sampai poin 5 saja sudah dipastikan kamu sudah bisa akses Playstore tanpa kesalahan server.

Oke. Sampai di sini dulu semoga tutorial ini bermanfaat, dan jangan lupa berbagi.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

2 komentar untuk "Mengatasi Playstore Kesalahan Server"

  1. Mantaf gan.. maakasih.. btw untuk kesalaham lain gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesalahan lain sering kali disebabkan oleh perangkat yang udah outofdate.

      Hapus