Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghemat kuota internet, 350mB cukup untuk 1 minggu

Halo XYZ, kira-kira kamu dalam satu minggu habisin berapa banyak kuota internet? Atau dalam satu bulan menggunakan paket internet berapa GB?

Hemat Kuota Internet
Hemat Kuota Internet;ilustrasi
Oke, kali ini saya bakal kasih tips buat kamu cara menghemat kuota internet yaitu sekitar 350mb saja tiap minggu atau sekecil 1.5GB selama satu bulan. Gak percaya? Mari buktikan.

Kita chek dulu harga paket internet bulanan 1.5GB, untuk harga saya kira tidak jauh berbeda, kita ambil contoh paket internet yang 24 jam di semua jaringan 2G/3G/4G. Biaya hanya sekitar 15rb-30rb saja. Jadi tiap hari hanya butuh 500 - 1000 rupiah saja.

Baca: Cara dapetin kuota 500MB + 2GB Kuota Iflix

Oke gak perlu banyak bacot dan babibu lagi (hehe) saya bakal kasih kamu tips untuk menghemat kuota internet, tanpa takut ketinggalan informasi dari media sosial dan berita online, tanpa takut telat dapat kabar dari kerabat dan rekan-rekanmu. Oke cekiyyddyooottt.. simak dan simak lalu praktekin!

1. Nonaktifkan update applikasi otomatis di playstore.

Update applikasi secara otomatis di playstore menyebabkan sangat boros terhadap kuota, bayangkan ada puluhan MB yang diperlukan dalam satu update applikasi saja. Karena itu kamu perlu menonaktifkan fitur ini dengan cara masuk ke Playstore, pilih pengaturan, pilih update applikasi, terakhir pilih "Jangan Update Otomatis".

2. Jangan membuka Youtube dan IG.

Seperti kita tahu, kedua platform ini memakan banyak kuota dalam pemakainnya, terlebih apabila digunakan untuk menonton video/streaming. So, hindari terlalu lama dalam pemakaiannya, usahakan buka seperlunya saja. Di IG, set penggunaan data pada posisi "sedikit", agar memperlambat loading untuk memutar video.

3. Jangan buka status/story di WA

Status WA dapat berupa teks, gambar, dan video. Apabila berupa teks, masih hemat kuota. Namun setelah teks bisa jadi kamu berpindah pada status orang lain yang berisi video. Ini akan mendownload secara otomatis media pada status WA. Anehnya, bahkan kita tak melihat status pun, cukup dengan mengulir status ke atas ke bawah, media bakal terdownload dengan sendiri, terbukti kamu bisa melihatnya pada Folder << .Status >>.Folder ini tersembunyi pada Folder Whatsapp >> Media pada penyimpanan internal ponsel kamu. So, usahakan jangan gulir ke Tab Status pada WA.

4. Hapus checklist pada menu "saat menggunakan data seluler" di pengaturan Whatsapp

Secara pengaturan standart, WA akan mendownload media berupa gambar dengan sendirinya. Sehingga apabila ada yang mengirim gambar, baik secara personal atau melalui group, secara otomatis terdownload dan tersimpan di penyimpanan internal ponsel kita. Hal ini tentu hanya akan membuang-buang kuota, sebab media yang tidak penting juga bakal ikut terdownload secara otomatis. Oleh karena itu, kamu perlu menonaktifkan fitur ini dengan cara masuk menu Setting pada WA caranya pilih opsi atau ikon titik 3 vertikal di pojok kanan WA, pilih Penggunaan data dan penyimpanan, setelah itu pilih "Saat menggunakan data seluler", hapus semua cheklist, dan terakhir simpan.

5. Gunakan facebook lite

Bagi kamu yang suka facebook-an, bisa mengahapus applikasi facebook dan beralih pada applikasi facebook lite. Facebook lite dirancang lebih hemat kuota dan loading lebih cepat.

6. Gunakan browser hemat kuota

Browser hemat kuota ada banyak sekali, kamu bisa menggunakan Google Chrome, Opera Mini, dsb. Kalau saya sendiri menggunakan Puffin Browser Pro, memang browser ini dulunya boros kuota karena loading sangat cepat, tapi akhir-akhir ini dengan applikasi versi terbaru, sudah tersedia fitur hemat kuota.

7. Nonaktifkan backup otomatis

Ada cukup banyak applikasi yang menggunakan fitur ini, bahkan secara default pada applikasi bawaan HP kebanyakan dilengkapi fitur ini, selama ini yang saya ketahui menggunakan fitur ini adalah applikasi, Google Foto, Drive, Dropbox, QuickPic, Whatsapp, backup&restor pada pengaturan sistem, dan masih banyak applikasi yang menggunakan fitur ini, saran saya untuk applikasi yang jarang kamu gunakan baiknya dinonaktifkan saja, biar tidak lemot dan irit kuota.

8. Menonaktifkan data seluler apakah juga dapat menghemat kuota?

Saya kira anggapan ini tidak benar juga, walau dulu banyak sempet ngeluh katanya paket data hidup semaleman kuota jadi habis. Kalau menurut saya itu sebanarnya bukan menghemat kuota, tapi lebih pada menghemat baterai saja. Sebab apabila paket data dihidupkan otomatis penggunaan kuota yang tertunda misal chat-chat dan notifikasi media sosial, pada akhirnya juga akan memakan kuota saat paket data dihidupkan.

Saya selalu mengaktifkan kuota sepanjang hari, bahkan sepanjang malam data seluler aktif, namun kuota saya 350MB cukup satu minggu, cuma ini memang akan berakibat boros baterai.

Nah, saya kira dengan ke-8 tips di atas sudah cukup membuat hemat kuota. Tips ini berdasar pada pengalaman saya pribadi, sampai saat ini saya masih setia pada cara ini dalam menghemat kuota.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Cara menghemat kuota internet, 350mB cukup untuk 1 minggu"