Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi IC Light Nokia 3120 tanpa ganti IC, layar hitam tapi hp normal.

Sebagai tukang servis (tuser) amatiran, saya antusias buat ngasih tahu hasil pengalaman yang saya dapat dari ide sendiri. Jadi maklumin lah, saya masih baru belajar servis HP. Itupun perlatan servis juga belum lengkap.

Sebagai tuser amatiran, saya merasa sangat bahagia jika berhasil memperbaiki kerusakan barang elektronik milik user, entah itu bayarannya gede atau murah, atau bahkan gak dibayar pun rasanya senang, karena dapat pengalaman dan ilmu baru.

Beberapa bulan lalu, maaf baru posting. Saya kedatangan pasien Nokia 3120 dengan kendala layar hitam, namun hp normal dan bisa digunakan untuk nelpon. Saya pikir pasti nih kerjaannya si led, atau IC Light nya.

Selidik ku selidiki, ternyata led LCD masih hidup normal semua. Wah pasti nih kerjaan si socket LCD. Kuperiksa di socket, benar ada jalur yang putus karena udah karatan. Nag ini dia biang keroknya.

Kuambil seutas kabel jumper, lalu kujumper aja bagian yang putus tadi. Dan..... gagal.. hp tetep belum nyala layarnya. Tak pikir lagi, ini apanya yang rusak ya. Setelah cek-and-rechek. Saya simpulkan IC light yang rusak. Namun karena stock komponen di sini lagi kosong, maka saya akali dengan jurus JUMPER.

Silahkan perhatikan gambar di bawah ini untuk melakukan jumper pada Nokia 3120 kendala LED LCD tidak nyala.

IC Light Nokia 3120.
Jumper Jalur LED LCD

IC Light Nokia 3120.
Jumper ke BSI
Setelah saya lakukan jumper sebagaimana gambar di atas, alhamdulillah berhasil. Ya untuk sementara hp normal. Ini bisa dilakukan saat darurat, saat stock komponen lagi kosong. Hehe. Yah yang penting nyala dulu lah.

Nanti kalau user datang lagi, saya ganti dah IC-nya, saya pun juga udah ngasih tau ke user kalau hanya dijumper dan tidak ganti IC. Karena itu aku gak minta ongkos servis, ya biarkan digunakan dulu sama si user, syukur kalau cara ini bertahan lama.

Kalau buat HP sendiri sih, saya paling suka jumper-menjumper ini, karena lebih hemat dan yang penting hidup aja, hehe. Apalagi hp butut, kalau mati entar beli lain. Toh HP jenis itu udah murmer bertebaran di mana-mana. Hehe..

Saya kira itu dulu ilmu yang saya kasih hari ini, ke depan semoga bisa sharing lagi pada permasalahan berbeda.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Solusi IC Light Nokia 3120 tanpa ganti IC, layar hitam tapi hp normal."