Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baterai HP rusak mati jangan dibuang, begini cara memperbaiki

Selama saya menjadi teknisi, dari mulai belajar hingga kini. Sering saya jumpai baterai HP mati total, atau tidak ada tegangan sama sekali ketika dicek menggunakan avometer. Biasanya kalau baterai cuma drop, pasti bakal masih ada tegangan pada baterai walau kecil.

Yaaa namanya juga sebagai teknisi harus juga pandai mengakali, sebab banyak lho teknisi jaman sekarang, apa-apa ganti baru, rusak ini ganti baru. Rusak baterai, ya ganti baterai. Biasanya berdalih alasan "kalau tidak ganti baru bakal cepat drop lagi, atau bisa-bisa hpnya meledak". Wowew keren ya.. hehe.

Itu sih gak salah ada teknisi parno begitu, ya ada benernya kalau yang memperbaiki gak punya ilmu, asal solder adalah jumper. Gak pake perhitungan, yang penting hidup, dan ujung-ujungnya tambah rusak.

Kalau kemudian tiap ada kerusakan harus ganti sparepart baru, ya ku kira siapapun bisa, asal punya dana aja. Tapi sebagai tuser (tukang servis), harus juga pandai mengakali, bisa memperbaiki barang, dan menekan harga dan biaya serendah-rendahnya, namun kualitas tetap yang utama.

Nah, selama saya menangani banyak pelanggan yang saya temukan permasalahan ada pada baterainya, trik ini sering saya lakukan, cuma baru kali ini saya sempat posting tutorial ini. Hehe, sibuk sih..

Oke di sini, saya ada baterai HP yang sudah rusak, di cek pakai voltmeter tegangannya 0 volt. Artinya baterai ini sudah dijamin 100% rusak total, eeeidd jangan keburu dibuang, sepengalaman saya memperbaiki baterai yang rusak total atau tegangan 0 volt, jauh lebih mudah daripada baterai drop atau kembung (kayak perutmu, hehe).

Beberapa hari lalu datang user dengan membawa pasien HP samsung, dan ternyata setelah dilakukan pengecekan pada baterai hasilnya 0 volt pada tegangan baterai. Langsung simak cara memperbaikinya.

Siapkan alat dan bahan!
  1. Cutter
  2. Solder
  3. Timah
  4. Kabel jumper
  5. Avometer
Panaskan solder, ingat.. pastikan bener-bener udah panas ya. Sambil nunggu solder panas, kita ambil cutter. Lalu kelupas bagian depan baterai, perhatikan gambar di bawah.

Setelah terkelupas, lakukan pengecekan menggunakan avometer pada posisi VDC (sesuaikan dengan tegangan 3.7v). Letakkan proble merah pada kutub positif baterai. Sedangkan proble hitam pada plat hasil kupasan tadi. Lihat, apakah jarum avometer bergerak? Jika bergerak selamat baterai masih dapat diperbaiki. Namun jika jarum avometer tidak bergerak, silahkan lakukan pengecekan lebih detail lagi.

Sebenarnya penyebab kerusakan ini ada pada ic pada rangakaian yang terdapat pada baterai. Sehingga tegangan tidak sampai pada kutub negatif baterai bagian depan.

Selanjutnya lakukan jumper seperti yang saya lakukan, lihat gambar berikut. Kamu bisa menggunakan kabel jumper, atau cukup menebalkan timah antara yang saya kasih tanda pada gambar berikut. Perhatikan gambar dengan seksama.

Memperbaiki baterai hp rusak mati
Memperbaiki baterai hp rusak mati
Bagaimana? Mudah kan? Silakan dipraktikkan, semoga
berhasil. Apabila ada kendala bisa kita diskusikan di kolom komentar.

Jadi mulai sekarang, jangan membuang baterai HP yang dianggap mati total, karena terkadang yang mati hanyalah rangkaian yang ada pada baterai tersebut. Jadi bisa dilakukan teknik jumper sebagaimana dijelaskan diatas.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

2 komentar untuk "Baterai HP rusak mati jangan dibuang, begini cara memperbaiki"

  1. Mantafffff bung, saya boleh ke situ kapan kapan? Ada baterai rusak ini.

    BalasHapus