Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah mengatasi charger dekstop, cas duduk / kodok yang mati, orang awam pun bisa

Baik, saya akan cerita dulu kejadian awalnya. Jadi cara memang sudah saya praktikkan sendiri, jadi bukan hoax ya. Oke. Bermula saat HP saya bermasalah IC chargernya, bukan saya tak bisa memperbaiki HP saya, tapi stock part dan komponen lagi kosong.

Selain itu, kalau milik sendiri juga males yang mau memperbaiki, hehe.. yang penting bisa dipake aja walau ribet ya gak papa.

Akhirnya, saya berencana membeli casan duduk atau charger dekstop. Ya cuma rencana sih, karena belum ada dana, dompet memipis, ya masukin aja dulu ke wishlist. Hehe...

Alhamdulillah beberapa hari kemudian, saya punya rejeki dari hasil nyervis.. maklum tuser pemula pelanggannya masih dikit. Akhirnya saya pergi ke toko elektronik deket rumah, itu sih counter celluler tapi juga jualan barang elektronik.

Saya pun minta membeli charger dekstop, eh si penjaga konter gak tahu apa itu charger dekstop. Karena lagi males debat, saya bilang aja mau beli casan kodok yang mirip kodok itu loh pak.

Charger Dekstop LCD
Charger Dekstop LCD; ilustrasi
Si bapak pun mengerti. Akhirnya diambilkannya aku charger yang dimaksud, sambil menyuruhku mencoba di suatu stop kontak. Saya pun mencoba, waktu saya nyolokin charger ke stop kontak, alangkah terkejutnya saya, jantung saya berdetak hebat, tangan saya kesemutan mendadak, alamak apa ini namanya CINTA? Agergghhh ternyata charger itu nyetrum. Entah apa yang kepegang tadi, yang jelas ada yang tidak beres dengan charger itu.

Si bapak penjaga toko pun turun tangan, memastikan semua baik-baik saya. Karena tidak mau ribet akhirnya digantikan charger tsb dengan charger lain. Dan singkat cerita saya pulang.

Ketika sampai di rumah saya langsung menggunakan charger itu, karena baterai saya udah lemah. Sambil nunggu baterai penuh, saya panasin solder sulu ah.

Tiga jam berlalu, namun indikator baterai di charger itu masih menunjukkan angka 25%. Loh.. kok bisa nih, pasti ada yang tidak beres. Akhirnya semalaman saya ngecas baterai itu, dan alhamdulillah besoknya baterai full.

Wah, gak beres nih charger. Selang beberapa hari, entah bagaimana kejadiannya, charger itu pun mati total. Sedih rasanya. Namun sebagai teknisi saya tak kehabisan akal donk.

Saya yakin, orang yang awam elektronik pun pasti bisa melakukan ini. Oke lanjut... siapkan alat dan bahannya.

  1. Charger dekstop yang udah matot / mati total tadi.
  2. Kabel Data USB. Yang sudah rusak juga gak papa.
  3. Gunting/cutter
  4. Caharger HP biasa.

Oke lanjut pada langkah pengerjaannya.
Siapkan kabel data usb tadi, yang kita butuhkan hanya port USB cowok nya. Perhatikan gambar di bawah.

USB
USB Laki-laki
Selanjutnya siapkan charger hp biasa. Potong ujung kabel. Dan kelupas kulit kabelnya. Temukan kabel warna hitam dan merah. Yang hitam adalah Ground dan Merah adalah tegangan +. Jika punya avometer, silahkan chek tegangan kedua kabel tadi, kabel hitam dan merah.

Pada charger normal, tegangan 5volt, walau ada juga yang 4.75v. Setelah itu temukan juga pada kebel data yang telah di siapkan tadi, potong dan kelupas kukit kabel, temukan juga kabel warna hitam dan merah. Lalu sambungkan kebel pada charger dan kabel pada jack USB cowok tadi. Merah disambung ke yang merah dan hitam disambung ke yang hitam. Lihat skema di bawah ini.


Setelah itu, lihat pada charger dekstop, di samping ada port USB. Langsung colokkan jack USB cowok tadi ke port USB cewek. Colokkan charger hp biasa ke stop kontak listrik. Lihat indikator pada charger dekstop, apakah menyala? Jika menyala selamat, Anda berhasil. Tinggal pasangkan saja baterainya.

CHARGER DEKSTOP LCD
Pemasangan pada charger dekstop
Perhatikan gambar berikut lebih jelasnya!

Charger Dekstop yang telah diperbaiki
Charger Dekstop yang telah diperbaiki
Baiklah, jika ada yang belum dimengerti silahkan diskusikan di komentar, semoga bermanfaat dan semoga berhasil.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Cara mudah mengatasi charger dekstop, cas duduk / kodok yang mati, orang awam pun bisa"