Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat katalog produk atau layanan di WA (Whatsapp)

Apakah Anda seorang pebisnis? Menjual produk atau layanan jasa? Saatnya kini mempermudah pelanggan melihat produk dan layanan yang tersedia dengan fitur "KATALOG" yang diluncurkan oleh Whatsapp / WA.

Seperti kita ketahui, dalam menjual produk atau layanan jasa, kita memerlukan sebuah katalog untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang seluruh produk dan jasa yang kita sediakan.

Katalog : Ilustrasi
Katalog : Ilustrasi
Nah, fitur inilah yang kini telah hadir di WA, pelanggan dapat melihat katalog melalui profil Whatsapp kita. Nah, lalu gimana caranya menggunakan fitur ini?

Gampang kok, namun ada beberapa syarat yang perlu Anda miliki yaitu:
Whatsapp Business
Fans Page Facebook

Whatsapp business merupakan applikasi Whatsapp yang dikembangkan untuk para pengelola bisnis. Banyak fitur tambahan yang membedakan dengan applikasi Whatsapp biasa, seperti profil bisnis, balas otomatis, dsb.

Maka dari itu, pertama kamu harus install applikasi Whatsapp Business ini dari Playstore, cari saja applikasinya di pencarian playstore dengan kata kunci "Whatsapp Business". Setelah applikasi tsb ditemukan dengan logo WA di dalamnya berbentuk Huruf B, maka download dan install.

Setelah terinstall, seperti akun WA biasanya, Anda perlu login ke WA menggunakan nomor bisnismu. Lakukan verifikasi. Edit profil bisnis sesuai selera.

Sekarang langkah berikutnya, Anda harus memiliki Fans Page Facebook/Halaman Facebook. Jika belum punya halaman facebook, maka silahkan buat Halaman Facebook bisnis Anda. Pilih kategori halaman facebook dengan kategori "Bisnis" terserah apakah "Bisnis Lokal", "layanan bisnis" atau apa aja, yang jelas fanspage harus berkategori bisnis. (Saya anggap Anda sudah tau cara membuat fanspage).

Setelah itu melalui facebook mobile, pada halaman facebook yang kamu buat tadi, pilih menu opsi ikon titik tiga vertikal, lalu pilih "Edit Pengaturan", gulir ke bawah, lalu pilih Whatsapp (ikon whatsapp). Untuk facebook web menu ini ada pada menu setting pada fanspage. Masukkan nomor whatsapp bisnismu, lanjutkan dan lakukan verifikasi. Anda akan menerima pesan dari Facebook Business melalui Whatsapp yang berisi kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi. Selesai, fanspage kamu sekarang terhubung ke whatsapp business.

Tambah nomor WA di FP
Tambah Nomor WA di Fp
Sekarang silahkan buka Whatsapp Business Anda, masuk ke menu pengaturan/setelan. Pilih "Setelan Business". Nah, di sana akan ada menu "Katalog", silahkan pillih dan "Tambah Produk atau Layanan" sesuai produk atau layanan yang Anda sediakan.

Setelan WA Business
Setelan WA Business

Membuat Katalog WA
Membuat Katalog WA
Perlu diperhatikan, bahwa penambahan katalog itu masih memerlukan persetujuan untuk bisa ditampilkan pada pelanggan. Jadi produk atau layanan yang tidak sesuai dengan ketentuan tidak akan ditampilkan ada pesan bahwa katalog tersebut tidak sesuai dengan kebijakan. Selama peninjauan, akan ada ikon jam di kiri atas katalog.

Sampai di sini, semoga informasi ini bermanfaat. Silahkan berkomentar jika ada yang belum dimengerti.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Membuat katalog produk atau layanan di WA (Whatsapp)"