Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak tidak Terbaca

Kartu memori biasa kita kenal dengan Memory Card atau Memori Eksternal. Kartu memori ini berupa kepingan kecil yang dapat menyimpan file dalam jumlah besar, mulai dari 500mB sampai 32gB lebih. Pemakaian kartu memori tentu akan lebih praktis daripada penyimpanan kepingan CD misalnya. Di samping itu, kartu memori merupakan alat penyimpanan yang bisa digunakan di banyak perangkat ponsel.

Kartu memori
Kartu Memori
Kartu memori ada banyak macamnya, mulai dari ukuran body dan kapasitasnya. Sekarang, kartu memori yang lebih populer dan banyak digunakan yaitu MicroSD. MicroSD ukurannya lebih kecil dan berbagai ponsel keluaran terbaru banyak mengunakan kartu memori jenis ini.

Lain hal dari berbagai keuntungan dan kelebihan kartu memori, tentu mempunyai kekurangan. Salah satu yang banyak menjadi keluhan pengguna kartu memori yaitu kartu memori cepat rusak dan tidak terbaca. Hal ini tentu bergantung pada kualitas kartu memori, sebab kartu memori yang berkualitas juga akan awet dari segi usia, hal ini tentu berbanding dengan harga kartu memori tersebut.

Sudah tak dapat dipungkiri, bahwa kartu memori panyakit paling sering terjadi adalah "tidak terbaca" di perangkat. Untuk kerusakan lain seperti file tiba-tiba hilang silahkan baca:  Menemukan kembali file (foto, video, audio, dokumen) yang tiba-tiba hilang

Berikut saya coba uraikan tata cara dan langkah-langkah memperbaiki kartu memori tidak terbaca dengan cepat dan mudah.

1. Periksa slot kartu memori

Adakalanya kartu memori tidak terbaca karena ada masalah pada pamasangan kartu memori. Kesalahan-kesalahan dimaksud yaitu peletakan kartu memori yang tidak tepat, kartu memori tergeser, hingga kurang rapat/atau tidak "nekan" dan harus diganjel dengan kertas.

Masalah lain pada slot kartu memori yaitu disebabkan slot kartu memori kotor atau rusak. Kerusakan pada slot ini biasanya penyekat lepas atau lepas dari pcb komponen utama ponsel, namun ini jarang terjadi.

Oleh karena itu, ini harus menjadi pengecekan pertama kali, sebab bagian ini sangat vital, jika terjadi kesalahan dan kerusakan pengecekan bagian lain akan percuma.

2. Kartu memori terpasang namun terlepas

Mungkin bahasa pada bagian nomor 2 ini membingungkan. Maksud saya kartu memori terpasang ini adalah kartu memori tersebut sudah terpasang pada slot, tetapi pada pengaturan penyimpanan belum dipasang.

Untuk melakukan pengecekan ini, silahkan masuk pada Pengaturan >> Penyimpanan. Gulir ke bawah, lihat pada penyimpanan eksternal. Jika tombol Pasang Kartu SD aktif, dikhianati pilih Pasang Kartu SD. Tunggu beberapa saat, jika berhasil tombol tadi akan berubah menjadi "Lepaskan Kartu SD".

Kartu memori
Pasang Kartu SD
Namun, jika pada bagian ini tombol "Pasang Kartu SD" tidak aktif, berarti kesusakan bukan pada bagian ini. Kita lanjut pada langkah ke tiga.

3. Bersihkan kuningan pada kartu memori

Ada kalanya, kartu memori tidak terbaca karena kotor. Solusinya bersihkan kuningan pada kartu memori menggunakan penghapus pensil. Bersihkan dengan hati-hati, jangan sampai merusak kartu memori bagian lain. Setelah bersih coba pasang kembali. Belum sukses? Baca langkah berikutnya.

3. Pindahkan kartu memori pada perangkat lain

Pada bagian ini, cobalah Anda memindahkan kartu memori kepada perangkat lain, entah itu mp3 player, ponsel lain, atau ke komputer/laptop melalui Card Reader.

Saran saya, cobalah langsung hubungkan ke komputer atau laptop menggunakan Card Reader. Lihat, apakah kartu memori terbaca dan dapat dibuka?

Biasanya pada bagian ini, kebanyakan meminta kartu memori untuk diformat. Berarti sudah tidak ada cara lain selain diformat. Namun perlu diperhatikan, tidak semua cara menformat kartu memori ini akan berhasil. Pada beberapa kasus yang saya alami, justru kartu memori malah menjadi rusak dan mati.

Apabila pada komputer sudah tidak terbaca, maka tamatlah riwayat kartu memori tersebut. Namun jangan gegabah dan langsung masuk tong sampah. Beberapa kasus yang saya temui, malah ketika disimpan dalam jangka waktu lama misal 1 tahun, kartu memori kembali normal.

Berdasarkan permasalahan di atas, saya menyarankan, apabila kartu memori tidak terbaca, lakukan langkah-langkah perbaikan sebagaimana di atas. Apabila tidak berhasil, jangan gegabah dan keburu membuang kartu memori. Simpanlah dengan baik, dan coba kembali beberapa waktu kemudian.

Disamping itu, sebagai upaya pencegahan agar kartu memori tidak cepat rusak yaitu:

  1. Jangan sering bongkar pasang kartu memori.
  2. Jangan gonta-ganti perangkat yang digunakan memori.
  3. Jangan sering digunakan pada suplay 5v, misal pada komputer atau MP3 player.
  4. Jangan sembarang menyimpan file, hapus file-file besar, dan file-file sampah.


Sebagai tambahan, karena kartu memori rentan rusak, maka alangkah lebih baiknya rutin membackup data kepada penyimpanan online seperti Google Drive dan Dropbox.

Demikian dulu cara memperbaiki kartu memori tidak terbaca, semoga berhasil.
Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Cara Cepat Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak tidak Terbaca"