Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cepat atasi ruang penyimpanan tidak cukup

Permasalahan ruang penyimpanan tidak cukup masih saja menjadi permasalahan yang tidak kunjung padam bagi pengguna telpon pintar. Pada makin hari, telpon pintar saat ini sudah dibekali dengan memori penyimpanan sampai beratus-ratus gigabyte.
Cara cepat atasi ruang penyimpanan tidakcukup
Smartphone : ilustrasi

Tidak heran, semakin dibekali ruang penyimpana yang besar, telpon genggam saat ini sebanding dengan kebutuhan konten/suatu hal yang akan dimasukkan di dalamnya, tentu ini terkait dengan fitur-fitur yang tersedia. Untuk smartphone yang dibekali memori penyimpanan 8GB setidaknya membutuhkan 4GB untuk penyimpanan sistem, jadi hanya sisa 4GB saja yang bisa digunakan untuk lainnya. Sementara untuk smartphone dg memori di atasnya, setidaknya membutuhkan minimal 10GB untuk sistem.

Hal lain yang bisa menjadi penyebab tidak cukupnya ruang penyimapan smartphone adalah kualitas dari hasil kamera yang digunakan. Semakin tinggi pixcel yang dihasilkan kamera, tentu juga butuh penyimpanan yang lebih besar. Sehingga dengan merekam video sekian menit saja sudah bisa menghabis leih dari 2GB penyimpanan, lain halnya dengan Foto-foto yang tersimpan.

Di samping itu, smartphone yang sudah dibekali penyimpanan yang besar juga sebanding dengan penggunakan versi OS yang terinstal. Misalkan dengan Operasi SIstem Android versi 10. tentu applikasi yang kontapable dengan OS ini juuga membutuhkan penyimpanan yang besar pula, hal itu sebanding dengan fitur-fitur yang tersedia, juga animasi-animasi dan efek yang tersedia.

Karena itu permasalahan ruang penyimpanan tidak cukup ini tidak akan pernah kunjung selesai. Jadi bagaimana solusinya? Solusinya hanya dalam perawatan smartphone kita saja yang perlu ditingkatkan.

1. Install applikasi yang urgen 

 Langkah pertama kita usahakan hanya penginstall applikasi yang sangat penting saja. Untuk applikasi yang tidak penting, bisa dinonaktifkan atau bisa dihapus. Untuk cara menghapus applikasi yang tidak bisa dihapus silakan baca : Lengkap, cara mudah menghapus applikasi android yang tidak bisa dihapus secara normal

2. Pindahkan file-file kapasitas besar ke penyimpanan lain

File-file dengan kapasitas besar perlu dipindah ke penyimpanan lain, entah ke flasdish atau penyimpanan eksternal lainnya. Terutama video dan foto-foto yang banyak menghabiskan penyimpnan dg banyak.

3. Atus penyimpanan default ke memori eksternal

Hal ini mengatur applikasi agar menyimpan file-file yang dihasilkan menuju ke penyimpanan eksternal, seperti kamera, bluetooth, shareit, dsb.

4. Pindahkan penyimpanan aplikasi ke memori eksternal

Aplikasi pengguna yang terseimpan, ternyata bisa dipindahkan ke memori eksternal. Namun tidak semua applikasi bisa dipindahkan. Buka pengaturan applikasi >> buka Aplikasi, lalu pilih Pindahkan ke eksternal. Dengan catatan jangan gonta-ganti memori eksternal, karena aplikasi juga akan ikut hilang.

5. Hapus data dan cache aplikasi

Penggunaan aplkasi sehari-hari menghasilkan data aplikasi dan cache yang memenuhi ruang penyimpanan. Kamu bisa menghapusnya, namun dengan hati-hati untuk aplikais tertentu. Karena menghapus data sama halnya dengan mereset aplikasi atau menjadikan applikasi seperti baru diinstal. Untuk cara menghapus cache silakan baca : Mengahapus data cache android dapat membuat android menjadi ringan, mitos atau fakta?

6. Sekarang saatnya menghapus file sampah

Di memori internal, sebenarnya ada banyak file sampah. File ini dihasilan secara otomatis dari penggunaan aplikasi. File ini ada yang hidden/tersembunyi dan ada pula yang tidak. Perhatikan berikut ini file-file dan folder yang perlu dihapus. Namun terlebih dahulu kamu harus mengaktifkan tampilkan file tersembunyi di pengaturan applikasi penjelajah file di smartphone kamu.

- Hapus Folder Android

- Hapus Folder yang berawalan tanda titik (.)

- Hapus folder yang tidak dikenal

- Di folder Whatsapp, hapus semua folder kecuali folder Media

- Hapus folder .tumbnail

- Hapus file yang tidak memiliki ekssitensi / tidak dikenal / tidak bisa dibuka

Dalam membersihkan file sampah di smartphone saya rekomendasikan aplikasi yang handal, meskipun aplikasi ini sudah ditendang dari Playstore oleh Google. Namun aplikasi ini cukup handal. 

Aplikasi ini bernama Es File Eksplorer. Pneggunaannya cukup mudah.

Download dan insall, lalu pilih menu opsi di pojok kiri atas. Nonaktifkan Recycle Bin, aktifkan Tampilkan file tersembunyi. Lalu pilih Analisis Kartu SD.

Tunggu sampai proses analisis selesai, maka file dan folder dengan kapasitas besar akan tampil paling atas berutuan ke bawah. Hapus folder dan file berukuran besar, jika file tersebut penting segera pindakan ke memori lain. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Cara cepat atasi ruang penyimpanan tidakcukup
Tampilan Es File Eksplorer

Cara cepat atasi ruang penyimpanan tidakcukup
Tampilan Es File Eksplorer

Cara cepat atasi ruang penyimpanan tidakcukup
Tampilan Es File Eksplorer

Dengan beberapa langkah sebagaimana di atas, insyaalah masalah ruang penyimpanan tidak cukup akan segera teratasi. Jika kamu menemui kendala, silakan bisa tingalkan komentar di bawah.


Admin
Admin Tuser, Blogger, and Writer.

Posting Komentar untuk "Cara cepat atasi ruang penyimpanan tidak cukup"